(024) 7460032 - (024) 7460039 lppm@live.undip.ac.id

SEMARANG, INDONESIA

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Diponegoro

Pengumuman

Undangan Workshop Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Undip Tahun 2021

Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Universitas Diponegoro, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan menyelenggarakan kegiatan “Webinar Workshop Pengelolaan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Universitas Diponegoro Tahun 2021” yang dilaksanakan besok pada:

  • Hari / tanggal : Rabu / 9 Juni 2021
  • Pukul              : 09.00 WIB – selesai
  • Media             : Zoom Meeting.
  • Meeting ID      : 946 6804 5667
  • Passcode       : UNDIP2021

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dengan ini kami mengundang dan bersifat wajib bagi Bapak/Ibu ketua peneliti/pelaksanaan pengabdian sumber dana DRPM dan Selain APBN Universitas Diponegoro TA.2021 (daftar terlampir) untuk mengikuti kegiatan tersebut. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Pendidikan dan Pelatihan Amdal di PPLH LPPM UNDIP Semester I Tahun 2021

Diinformasikan bahwa Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM Undip akan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Diklat Amdal) pada Semester I Tahun 2021 Secara Daring dengan jadwal sebagai berikut:

  1. DASAR-DASAR AMDAL: 31 Mei 2021 – 5 Juni 2021
  2. PENILAI AMDAL: 7 – 18 Juni 2021

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi PPLH LPPM Undip melalui. email: pplhundip@gmail.com, HP 0821-3603-7520

Lampiran: Leaflet Diklat Amdal    |    Form Pendaftaran Diklat Amdal

Program Pembiayaan untuk Publikasi Internasional Bereputasi Tahun 2021

Diberitahukan dengan hormat bahwa LPPM Undip pada Tahun Anggaran 2021 membuka program pembiayaan untuk publikasi internasional bereputasi bagi dosen/peneliti di lingkungan Undip, adapun jenis program dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

A. Program Pembiayaan Proof Reading untuk Publikasi Internasional:

  1. Program tidak dibatasi waktu pelaksanaannya, artikel yang didaftarkan akan diproses jika memenuhi persyaratan;
  2. Seleksi artikel dilakukan dengan memperhatikan kualitas artikel dan pemilihan jurnal yang dituju (SJR dan/atau IF);
  3. Mengirimkan artikel dengan format sesuai dengan ketentuan dari jurnal yang dituju dan dilengkapi form pendaftaran (terlampir).
  4. Persyaratan dapat dikirimkan ke LPPM Undip pada jam kerja atau melalui email: lppm@live.undip.ac.id,

B. Pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional Tahun 2021:

  1. Pembiayaan hanya meliputi biaya pengindeksan, tidak termasuk biaya pelaksanaan seminar;
  2. Seminar yang diselenggarakan memenuhi kriteria seminar internasional menurut Kemenristekdikti (lihat panduan penilaian angka kredit dosen);
  3. Menyampaikan proposal yang dilengkapi dengan salinan MoU/perjanjian kerja sama dengan publisher;
  4. Artikel dengan afiliasi Universitas Diponegoro minimal 30% dari total artikel dalam prosiding;
  5. Persyaratan dapat dikirimkan ke LPPM Undip pada jam kerja atau melalui email: lppm@live.undip.ac.id, paling lambat tanggal 31 Agustus 2021. Pengumuman bagi yang disetujui akan disampaikan melalui laman Lppm Undip.

Lampiran: Form Pendaftaran Proof Reading Tahun 2020

Pengisian Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro Tahun 2020

Diberitahukan kepada Dekan Fakultas di lingkungan Undip, bahwa dalam rangka menindaklanjuti surat Kemenristek/BRIN No. B/31/E2.4/RS.04/2021 perihal pengisian Data Kinerja Penelitian dan Pengabdian Perguruan Tinggi periode tahun 2020, mohon dapat memberikan data kegiatan penelitian dan pengabdian dosen di fakultas sebagai bahan pengisian Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro Tahun 2020 dengan format isian sebagaimana pada lampiran dibawah ini.

Data penelitian dan pengabdian tersebut agar dikirimkan melalui email: lppm@live.undip.ac.id  beserta softcopy (berkas pendukung) paling lambat tanggal 21 April 2021. Jika ada hal-hal yang perlu diperjelas dapat menghubungi Saudari Hanjar Setyowati, S.Kom pada Nomor HP. 085735559475. Atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

Lampiran:   1. Borang Penelitian 2020        |         2. Borang Pengabdian Masyarakat 2020

Undangan Penandatanganan Surat Penugasan Kegiatan (SPK) Penelitian dan/ Pengabdian kepada Masyarakat yang Dibiayai Selain APBN Tahun 2021

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Anggaran Selain APBN Universitas Diponegoro Tahun 2021 dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk tanda tangan Surat Penugasan Kegiatan (SPK) Penelitian dan/ Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan sesuai undangan dengan jadwal sebagaimana terlampir.

Dalam rangka memperlancar pelaksanaan kegiatan yang dimaksud, mohon sekiranya dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai hand sanitizer) dan membawa pulpen sendiri.
  2. Membawa uang sebagai pengganti 2 (dua) materai sebesar Rp. 20.000,-.
  3. Setelah Surat Penugasan Kegiatan (SPK) ditandatangani selanjutnya diunggah beserta Proposal Pelaksanaan di laman SIP3MU.
  4. Khusus skema PMDSU Undip, Surat Penugasan Kegiatan (SPK) sudah ditandatangani pada waktu tahun 2020 (tahun jamak) sehingga diwajibkan mengunggah Proposal Pelaksanaan tahun 2021 sesuai dengan dana yang disetujui dan tercantum dalam SIP3MU.
  5. Setiap Ketua Peneliti/Pelaksana Pengabdian dengan status baru wajib mengisi kelengkapan persyaratan pencairan untuk pembuatan rekening baru, dengan mengisi formulir di link: https://forms.gle/QdtqEeUimeF1XSvK6 selambat-lambatnya tanggal 14 April 2021. Sedangkan Ketua Peneliti/Pelaksana Pengabdian dengan status lanjutan menggunakan rekening yang lama.
  6. Bilamana salah satu Ketua Peneliti/Pelaksana Pengabdian belum input sampai batas waktu input, maka pencairan belum dapat diproses lebih lanjut.

Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Lampiran: Daftar Undangan dan Jadwal Penandatanganan SPK Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021

Pendaftaran KKN Tematik tentang Wirausaha Tanaman Biofarmaka Untuk Menghadapi Pandemi Covid19

Halo guys! 🖐
Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu, khususnya di masa pandemi ini ya!  Ada berita baik nih buat kalian yang mau ikutan KKN Tematik. Topiknya adalah “Perbanyakan dan wirausaha tanaman biofarmaka untuk menghadapi pandemi Covid19 di Desa Sekaran Gunung Pati  Semarang”. 
 
Programnya apa aja ya? Ada beberapa kegiatan yang akan diadakan, yaitu:
– Penyuluhan tentang berbagai tanaman biofarmaka dan khasiatnya dalam menghadapi Pandemi Covid19;
– Penyuluhan dan percontohan cara Perbanyakan tanaman biofarmaka;
– Penyuluhan wirausaha tanaman biofarmaka;
– Edukasi tentang vaksinasi covid-19.
 
📍Kegiatan KKN akan dilaksanakan di Desa Sekaran, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
Pendaftar dipersilahkan mengisi link dibawah ini: https://forms.gle/NtDX1n6XJFzBnCrF6
Timeline pendaftaran: 5 April – 5 Mei 2021 (Jika kuota sudah penuh, pendaftaran akan ditutup sewaktu waktu).
Informasi lengkap bisa menghubungi : 📞 Dion (0812-8504-5376)  ❗KUOTA TERBATAS ❗

Pendaftaran KKN Tematik Perbanyakan Tanaman Aromatik Atsiri untuk Menghadapi Pandemi Covid19

Halo guys! 🖐
Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu, khususnya di masa pandemi ini ya!  Ada berita baik nih buat kalian yang mau ikutan KKN Tematik. Topiknya adalah… “Perbanyakan tanaman aromatik atsiri untuk menghadapi pandemi Covid19 bagi  Ibu-ibu PKK Sampangan Semarang”.
Programnya apa aja ya? Ada beberapa kegiatan yang akan diadakan, yaitu:
– Penyuluhan tentang berbagai tanaman aromatik atsiri dan khasiatnya dalam menghadapi Pandemi Covid19;
– Penyuluhan dan percontohan cara Perbanyakan tanaman aromatik atsiri;
– Edukasi tentang vaksinasi covid-19.
 
📍Kegiatan KKN akan dilaksanakan di Kel. Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
Pendaftar dipersilahkan mengisi link dibawah ini:  https://forms.gle/A85aC45d6pRcbwy17
 
Timeline pendaftaran: 5 April – 5 Mei 2021 (Jika kuota sudah penuh, pendaftaran akan ditutup sewaktu waktu).
 
Informasi lengkap bisa menghubungi : 📞 Bima (0858-1745-8263   ❗KUOTA TERBATAS ❗

Informasi Pendaftaran KKN Undip Tim II Tahun Akademik 2020/2021

Sehubungan dengan pelaksanaan KKN Undip Tim II TA 2020/2021 dengan ini diumumkan bahwa:
  1. Bagi mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah KKN didalam IRS semester genap TA 2020/2021, diwajibkan untuk mengisi form survey pra KKN pada tautan: http://bit.ly/kknundiptim2-2021. Pengisian form survey ini dibuka pada tanggal 22 – 29 Maret 2021.
  2. Mahasiswa dapat mulai mengisi pendaftaran pada sistem Pendaftaran KKN dimulai pada tanggal 19 April – 10 Mei 2021. Untuk username dan password akan disampaikan lebih lanjut
  3. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi email: p2kkn@live.undip.ac.id
Terima kasih

Workshop Pemeriksaan Substantif Paten Universitas Diponegoro Batch I Tahun 2021

Sehubungan dengan program percepatan penyelesaian paten pada tahap Pemeriksaan Substantif Paten, kami mengundang Bapak/Ibu Para Inventor untuk dapat mengikuti kegiatan mediasi “Workshop Pemeriksaan Substantif Paten Universitas Diponegoro Batch I Tahun 2021” pada:

  • Hari/Tanggal : Senin – Rabu/ 15 – 17 Maret 2021
  • Waktu           : 12.00 WIB – Selesai
  • Tempat         : Melalui teleconference (zoom) dari lokasi masing-masing

Berikut kami sampaikan pula panduan acara Workshop Pemeriksaan Substantif Paten Universitas Diponegoro (secara daring) sebagaimana terlampir. Untuk informasi lebih lanjut, dapat berkoordinasi dengan Saudari Rani Pramesti, S.Gz. (HP: +62 856-4079-4804). Mengingat pentingnya acara tersebut, mohon dapat hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami sampaikan terima kasih.