Berita LPPM

Sosialisasi Program L’OREAL-UNESCO For Women In Science 2016

Bersama ini diberitahukan bahwa Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kemdikbud bekerjasama dengan L’oreal Indonesia akan menyelenggarakan program L’OREAL-UNESCO For Women In Science berupa Fellowship Nasional atau pemberian beasiswa penelitian bagi peneliti wanita muda di bidang life sciences dan di bidang material sciences yang telah lulus S3 atau sedang menjalani S3. Program kegiatan Fellowship Nasional tersebut juga dalam rangka mencari kandidat dari Indonesia untuk diusulkan mengikuti program Fellowship Internasional UNESCO – L’OREAL For Women in Science 2016 di Paris. Sehubungan dengan itu, dalam rangka mensosialisasikan program tersebut kepada para dosen perempuan peneliti muda di bidang science, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO bekerjasama dengan LPPM Undip mengundang dosen/peneliti wanita muda di lingkungan Undip pada sosialisasi kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada :

  • Hari/Tanggal  : Kamis, 2 Juni 2016
  • Pukul           : 10.00 – 12.00 WIB
  • Tempat         : Ruang Sidang LPPM Undip

Atas perhatian dan kehadirannya disampaikan terima kasih.

Lampiran : L’OREAL-UNESCO For Women In Science

Undangan Peserta FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XI

Bersama ini kami mengundang peserta kegiatan FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XI untuk Mahasiswa Pascasarjana di Lingkungan Universitas Diponegoro yang lolos seleksi (daftar terlampir) untuk mengikuti kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada;
Hari              : Kamis s.d. Sabtu
Tanggal         : 26 s.d. 28 Mei 2016
Pembukaan   : Pukul 14:00 WIB- dilanjutkan pelaksanaan kegiatan
Tempat          : Hotel Grand Wahid Salatiga, Jl Jenderal Sudirman No 2 Salatiga
Mohon hadir tepat waktu dan atas perhatian serta kehadirannya kami sampaikan terima kasih.

*Catatan: Peserta diwajibkan membawa laptop dan printout manuskrip 1 eks.

Lampiran: Daftar Peserta FGD Penyusunan Manuskrip Batch XI    |   Jadwal Kegiatan FGD Penyusunan Manuskrip Batch XI

Jadwal dan Tempat Pembekalan Tingkat Universitas KKN UNDIP Tim II Tahun 2016

Diberitahukan kepada mahasiswa Peserta KKN Tim II Tahun Akademik 2015/2016, bahwa jadwal dan tempat pembekalan tingkat universitas yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Mei 2016 dapat diunduh pada lampiran berikut :

Lampiran : Jadwal dan Tempat Pembekalan KKN Tim II TA 2015-2016

Daftar peserta final per kecamatan KKN Undip Tim II Tahun 2016:

I. Kab. Magelang:
1. Mertoyudan
2. Muntilan
3. Dukun
4. Ngablak
II. Kab. Temanggung:
1. Ngadirejo
2. Bansari
3. Bulu-1
4. Bulu-2
III. Kab. Kudus:
1. Jekulo
2. Mejobo
3. Bae
4. Kaliwungu
IV. Kab. Jepara:
1. Kembang
2. Donorojo
3. Keling
4. Bangsri
V. Kab. Semarang:
1. Ungaran Barat
2. Pringapus
3. Tuntang
4. Getasan
5. Tengaran
VI. Kab. Pati:
1. Sukolilo
2. Cluwak
3. Margoyoso 1
4. Margoyoso 2
VII. Kab. Pemalang:
1. Pemalang
2. Petarukan
3. Taman
4. Ulujami
5. Comal
 

Ralat : Lokasi KKN di Kecamatan Kedu Kab. Temanggung dipindah ke Kecamatan Bulu-2 Kab. Temanggung

Sosialisasi Research Funding DIPI

LPPM mengundang dosen/peneliti Universitas DIponegoro untuk hadir pada Acara “Sosialisasi Research Funding DIPI” yang akan dilaksanakan pada:

  • Hari           : Selasa
  • Tanggal     : 24 Mei 2016
  • Waktu        : 09.30 – 12.00 WIB
  • Tempat      : Ruang Seminar LPPM Undip Gedung Widya Puraya Lantai 1 Tembalang
  • Pembicara : Direktur Eksekutif Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia

Atas perhatian dan kehadirannya disampaikan terima kasih

The 2nd International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development (ICTCRED 2016)

  • October 25-27, 2016, Inna Grand Bali Beach, Bali, Indonesia : http://ictcred.org
  • Abstract Submission DeadlineMay 31st, 2016
  • The Proceedings will be included in IOP Conference series- EES (indexed by Scopus)

============================================================

The 2nd International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development (ICTCRED 2016) will be held in Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Indonesia at October 25-27, 2016. The conference provides an excellent opportunity to share and exchange technologies and applications in the area of Tropical and Coastal Region Eco-Development. The previous event (the 1st ICTCRED 2014) has been successfully organized in Semarang, Indonesia.

We cordially invite prospective scholars, academicians and scientists to submit research paper to this conference.

SCOPE

The conference is intended to promote and disseminate all research papers under scope of : (A). Coastal Region Eco-Development, and (B). Tropical Life Sciences. The scope of Coastal Region Eco Development encompasses publications with topics related to (but not limited to): Coastal engineering, Marine Products Processing, Marine Biotechnology, Climate Change, Coastal Management and Social Economics, Disaster management, Food Technology and any other relevant science and engineering subjects related to coastal eco-developments.

While the scope of Tropical Life Sciences includes: molecular biology, public health, psychology, tropical diseases, policy related to health and disease; pharmacological aspects and treatment, epidemiology, genetic studies, medical microbiology, food nutrition and health, and all related fields of tropical life sciences.

PUBLICATION

We proudly announce that we have reached an agreement with IOP (Institute of Physics) to publish the 2nd ICTCRED 2016 conference proceeding into IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (EES) (indexed by SCOPUS – Online ISSN: 1755-1315 Print ISSN: 1755-1307). http://conferenceseries.iop.org/content/forthcoming (click on EES tab)

KEYNOTE SPEAKERS

  1. Prof. Ocky Karna Rajasa (Director of Research and Public Services at Ministry of Research, Technology and Higher Education – Indonesia) : “Policy on Coastal Research in Indonesia”
  2. Prof. Ambariyanto (Diponegoro University – Indonesia) : “Updates in Coastal Development”
  3. Prof. Chin Kun Wan (Chun Shan Medical University – Taiwan / President of International Society for Nutraceutical and Functional Foods) : “Current Progress in Nutraceutical for Tropical Disease”
  4. Prof. Makoto Tsuchiya (University of the Ryukyus – Japan) :“Coral Reef Ecosystem”
  5. Prof. Cesarettin Alasarvar(TÜBİTAK Marmara Research Center, Food Institute – Turkey) :“Marine Functional Foods”
  6. Prof. Peter Gell (Federation University of Australia – Australia) : “Pollution and Coastal Environmental Changes in Tropical Region”
  7. Prof. Winterwerp Han (TU Delft – Netherland) :“Hybrid Engineering for coastal abrasion prevention”

IMPORTANT DATES

  • Abstract submission deadline  : May 31th, 2016
  • Acceptance notification : July 1st, 2016
  • Early bird registration : August 21th, 2016
  • Full Text Submission : October 1th, 2016
  • ICTCRED 2016 Conference : October 25th – 27th 2016

AUTHOR GUIDELINES & SUBMISSION

BEST PAPER & PRESENTER AWARDS

The committee will grant awards based on two categories: best paper and best presenter. The nominees selection for each category will be determined by the Scientific Committee.

MISCELLANEOUS

Edaran Untuk Melengkapi Laporan Penggunaan Dana Hibah Penelitian Tahun 2015

Menindaklanjuti Surat Edaran dari Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Nomor 1460/E3.2/LT/2016 tanggal 13 Mei 2016, bersama ini diberitahukan bahwa sehubungan telah dilaksanakannya pemeriksaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan terkait pendanaan Hibah Penelitian bagi Perguruan Tinggi pada tahun 2015 di Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, didapatkan bahwa dalam laporan penggunaan dana penelitian banyak yang penyerapannya kurang dari 100% (data terlampir).

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami instruksikan kepada dosen/peneliti di lingkungan Universitas Diponegoro yang namanya tercantum dalam lampiran surat edaran tersebut untuk melengkapi laporan penggunaan dana hingga mencapai 100% melalui Simlitabmas paling lambat tanggal 20 Mei 2016. Namun apabila serapan memang kurang dari 100%, maka peneliti harus mengembalikan sisa dana tersebut ke kas negara dan mengirimkan bukti setor pengembalian kepada DRPM melalui surel ke: dp2mdikti@yahoo.co.id. Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Lampiran : Surat Edaran DRPM tentang Serapan Penggunaan Dana Penelitian

Edaran Unggah Laporan Penggunaan Dana Hibah Penelitian Tahun 2015

Diberitahukan bahwa sehubungan telah dilaksanakannya pemeriksaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan terkait pendanaan Hibah Penelitian bagi Perguruan Tinggi pada tahun 2015 di Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, didapatkan bahwa masih ada dosen penetiti yang belum mengunggah Laporan Penggunaan Anggaran Tahun 2015 melalui Simlitabmas. Terlampir adalah daftar dosen peneliti yang belum lengkap pelaporan penggunaan anggarannya.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kami mohon Saudara untuk mengunggah Laporan Penggunaan Anggaran melalui Simlitabmas paling lambat tanggal 20 Mei 2016. Apabila laporan masih belum diunggah sampai batas waktu ditentukan, maka bagi dosen peneliti tersebut yang mendapatkan dana penelitian dan pengabdian masyarakat Tahun 2016 tidak boleh mendapatkan dana tersebut sehingga yang bersangkutan diharuskan mengembalikan dana Tahun 2015 dan 2016 tersebut ke kas negara. Demikian untuk diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Lampiran : Surat Edaran Unggah Laporan ke Simlitabmas

Pengumuman Lokasi KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2015/2016

Diberitahukan kepada mahasiswa Undip yang sudah mendaftar Program KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2015/2016 bahwa lokasi penempatan mahasiswa KKN dapat dilihat pada laman;

http://regkkn.lppm.undip.ac.id

Sedangkan rekap daftar peserta KKN Tim II Tahun Akademik 2015/2016 per kabupaten dapat dilihat pada lampiran berikut:

  1. Kabupaten Semarang
  2. Kabupaten Temanggung
  3. Kabupaten Magelang
  4. Kabupaten Kudus
  5. Kabupaten Jepara
  6. Kabupaten Pati
  7. Kabupaten Pemalang
  8. Daftar Dosen KKN Tim II Tahun 2016

Jadwal dan tempat pembekalan KKN Universitas yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Mei 2016 akan diumumkan menyusul. Apabila ada mahasiswa yang sudah mendaftar tetapi belum mendapat lokasi penempatan, harap segera menghubungi LPPM Undip.

Info tambahan : Informasi tentang KKN juga dapat diakses melalui laman : http://kkn.undip.ac.id

Pengumpulan Laporan Keuangan dan Laporan Akhir Penelitian/Pengabdian BOPTN TA 2015

Diberitahukan kepada peneliti dan pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang memperoleh hibah pada Tahun Anggaran 2015 sumber dana Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti (BOPTN) yang belum mengumpulkan SPJ Tahap 70% dan Tahap 30%, laporan akhir, dan belum melakukan pengunggahan, agar segera mengumpulkannya ke LPPM dan melakukan pengunggahan ke Simlitabmas. SPJ dan laporan akhir tersebut kami tunggu paling lambat 1 (satu) minggu setelah pengumuman ini (daftar nama terlampir). Apabila dalam satu minggu belum mengumpulkan maka dana akan kami setor ke Kas Negara sebagaimana Surat Edaran dari DRPM (terlampir). Atas pengertiannya disampaikan terima kasih.

  1. Daftar Peneliti dan Pengabdi untuk melangkapi SPJ dan Laporan Hibah DRPM (BOPTN) TA 2014-2015 (revisi)
  2. Surat Edaran DRPM tentang Pemeriksaan BPK

FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XI Untuk Mahasiswa Pascasarjana UNDIP Tahun 2016

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset pada tahun 2020, melalui peningkatan jumlah publikasi di jurnal Internasional ber-index Scopus, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro (LPPM UNDIP) akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XI Untuk Mahasiswa Pascasarjana Universitas Diponegoro Tahun 2016 pada;

  • Hari       : Kamis – Sabtu
  • Tanggal  : 26 – 28 Mei 2016
  • Tempat   : Hotel Grand Wahid – Jl. Jenderal Soedirman No.2 Salatiga

Persyaratan peserta;

  1. Mahasiswa Pascasarjana UNDIP yang belum pernah mengikuti FGD Manuskrip;
  2. Mengisi form pendaftaran (terlampir) dan mengirimkan beserta draft manuskrip/artikel berbahasa Inggris sebanyak 1 (satu) eks ke LPPM Undip langsung atau melalui email: manuskrip.lppm@gmail.com selambat-lambatnya tanggal 20 Mei 2016 jam 16.00 WIB;
  3. Hasil seleksi peserta dan Jadwal Kegiatan diumumkan melalui laman LPPM Undip dua hari sebelum pelaksanaan.

Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Form Pendaftaran FGD Manuskrip Batch XI