Berita LPPM

Program Pembiayaan Proof Reading dan Konversi Artikel untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Batch 1 Tahun 2019

Diberitahukan dengan hormat bahwa LPPM Undip membuka Program Pembiayaan Proof Reading Artikel untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Konversi Artikel untuk publikasi pada jurnal internasional bereputasi bagi dosen/peneliti di lingkungan Undip, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Seleksi peserta dilakukan dengan memperhatikan kualitas artikel, pemilihan jurnal yang dituju (Q index), dan distribusi peserta berdasarkan fakultas;
  2. Mengisi formulir pendaftaran terlampir;
  3. Mengumpulkan artikel dalam bahasa Inggris (file MS Word/PDF) untuk program Proof Reading;
  4. Mengumpulkan artikel dalam bahasa Indonesia (file MS Word) untuk Program Konversi Artikel;
  5. Formulir pendaftaran dan Artikel dikirim ke LPPM Undip pada jam kerja atau melalui email : lppm@live.undip.ac.id paling lambat tanggal 15 Februari 2018;
  6. Seleksi artikel yang diterima akan diumumkan pada minggu ke 1 bulan Maret 2019

Pelaksanaan Validasi Penelitian Luaran Tambahan Tahun Anggaran 2018

Menindaklanjuti surat dari Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Dikti No. 4143/E.3/LT/2018 tanggal 20 Desember 2018 perihal Validasi Luaran Penelitian, dengan ini di informasikan bahwa LPPM Undip akan melaksanakan Validasi Luaran Penelitian Dana Tambahan yang akan dilaksanakan besok pada:

  • Hari/tanggal    : Rabu, 30 Januari 2019
  • Jam.                  : 08.00 – selesai
  • Tempat            : LPPM Undip Gedung ICT Centre Lantai. 4

Memperhatikan hal tersebut di atas dengan ini kami mohon para peneliti yang mendapat dana luaran tambahan menindaklanjuti dan mempersiapkan bukti pendukung sesuai dengan surat dari DRPM Kemenristek Dikti terlampir. Demikian untuk menjadikan maklum adanya.

Daftar lampiran dari DRPM Kemenristek Dikti:

  1. Surat validasi Luaran Penelitian;
  2. Pengisian Luaran;
  3. Daftar Peneliti yang mendapat dana Tambahan;
  4. Plotting Luaran Tambahan.  

Monitoring dan Evaluasi Program Sabbatical/Postdoctoral dan Program Pengembangan Pusat Riset Tahun 2018

Diberitahukan dengan hormat kepada penerima Program Sabbatical/Postdoctoral dan Program Pengembangan Pusat Riset (Program WCU Undip Tahun 2018), bahwa LPPM Undip akan mengadakan monitoring dan evaluasi kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada:

  • hari/tanggal    : Senin, 28 Januari 2019
  • jam                  : 10.00 WIB – selesai
  • tempat            : Ruang LPPM UNDIP, Gedung ICT Centre Lantai 4, Tembalang Semarang

Sehubungan dengan hal tersebut, kepada penerima program (daftar terlampir) diwajibkan untuk mengikuti monev tersebut. Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Daftar Peserta Monev Program WCU Tahun 2018

Unggah laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sumber Dana Selain APBN Undip

Dengan ini diinformasikan kembali kepada Ketua Pelaksana penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat Sumber Dana selain APBN Undip Tahun Anggaran 2018, bahwa waktu Pelaksanaan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat sebagai berikut:

  1. Batch  I mulai tanggal 17 Mei s.d. 14 Desember 2018;
  2. Batch II mulai tanggal 2 Juli 2018 s.d. 4 Maret 2019.

Sehubungan dengan hal tersebut, dan menjadi kewajiban bagi para ketua pelaksana untuk segera mengunggah kewajiban-kewajiban di http://sip3mu.lppm.undip.ac.id/ (batas waktu unggah paling lambat untuk Bacth I tanggal 21 Desember 2018 dan Bacth II tanggal 12 Maret 2019 ). Adapun kewajiban atau laporan yang diunggah sebagai berikut:

  1. Proposal Pelaksanaan;
  2. Catatan Harian;
  3. Laporan Kemajuan;
  4. Penggunaan Anggaran;
  5. Laporan Akhir;
  6. Luaran (di lengkapi dengan bukti luaran).

Demikian untuk menjadikan maklum adanya.

Lampiran : 1. Daftar Pelaksana Penelitian 2018 | 2 Daftar Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat 2018

Undangan Mengikuti Pemetaan Hasil Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018

Dalam rangka mendukung program Universitas Diponegoro sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan melakukan Pemetaan Hasil Program Pengabdian kepada Masyarakat Pelaksanaan Tahun 2018. Oleh karena itu kami mengundang Saudara (daftar terlampir) untuk hadir pada:

  • hari/tanggal  :  Kamis, 24 Januari 2019
  • pukul             :  08.30 WIB s.d. selesai
  • tempat           :  LPPM Undip, Gedung ICT Centre Lantai 4, Tembalang, Semarang

Agar pelaksanaan Pemetaan tersebut berjalan lancar, maka kami mohon Saudara untuk mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pemetaan seperti terlampir;
  2. Membawa bukti-bukti luaran (alat/produk/barang, publikasi jurnal, media massa, buku, HKI/Paten, dll);
  3. Membawa foto copy sertifikat mitra berbadan hukum/SIUP (jika ada);
  4. Membawa foto copy sertifikat produk yang bersertifikasi SNI, halal, PIRT, dll, (jika ada).

Perlu kami sampaikan bahwa pada kegiatan pemetaan ini akan diterbitkan Surat Keterangan Bebas Luaran.  Demikian, atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran :

Unggah Proposal Penelitian Lanjutan Periode 2017/2018 (RUU dan RPI) Sumber Dana Selain APBN Undip Tahun Anggaran 2019

Berdasarkan pertimbangan akan keberlanjutan penyelesaian pelaksanaan penelitian periode 2017/2018, dengan ini kami informasikan kepada para peneliti (daftar terlampir) untuk mengunggah  proposal penlitian lanjutan untuk pendanaan tahun anggaran 2019. Proposal dapat diunggah melalui laman SIP3MU LPPM Undip (http://sip3mu.lppm.undip.ac.id). Adapun jadwal unggah mulai tanggal 10 Januari 2019  sampai dengan 17 Januari 2019. Apabila ada kesulitan dalam mengunggah proposal lanjutan, dapat menghubungi LPPM Undip dengan membawa soft copy proposal.
Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Lampiran: Daftar Penelitian Lanjutan RPI dan RUU

Pendidikan dan Pelatihan Amdal di PPLH LPPM Undip Semester I Tahun 2019

Diinformasikan bahwa Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM Undip akan menyelengarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Amdal pada Semester I Tahun 2019 dengan jadwal sebagai berikut:

  1. DASAR-DASAR AMDAL, 8 – 22 Maret 2019
  2. PENYUSUNAN AMDAL, 25 Maret – 12 April 2019
  3. PENILAIAN AMDAL, 25 Maret – 5 April 2019

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi PPLH LPPM Undip melalui Telp./Fax. (024) 7460035;  HP/WA. 0811-2661-266 atau email: pplhundip@gmail.com

Lampiran : Leaflet Diklat Amdal 2019     |    Form Pendaftaran Diklat Amdal

Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Penelitian Sumber Dana Selain APBN Undip Tahun 2018/2019 (Batch II)

Dalam rangka untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan penelitian, dengan ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penelitian sumber dana Selain APBN Undip Tahun 2018/2019 (Batch II) yang dilaksanakan pada;

  • Hari/Tanggal              : Selasa, 15 Januari 2019
  • Tempat                      : LPPM Undip, Gedung ICT Centre Lt. 4 Tembalang, Semarang
  • Jam                           : 08.00 -16.00 WIB

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini kami informasikan bahwa pelaksanaan Monev dilakukan secara online, untuk itu kepada para Peneliti untuk dapat mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut;

  • Mengunggah catatan harian, laporan kemajuan, dan penggunaan anggaran 70% Tahun Anggaran 2018 diprogram SIP3MU selambat-lambatnya tanggal 10 Januari 2019;
  • mempersiapkan bahan paparan tentang pelaksanaan, kemajuan, dan tingkat capaian hasil dan luaran disertai dengan data dukung (foto, produk, artikel, laporan kemajuan, dan lain-lain);
  • Mengumpulkan Berkas Penelitian yaitu Laporan Kemajuan dan Buku Catatan Harian Penelitian dan penggunaan anggaran 70% masing-masing 1 (satu) eksemplar;
  • Bagi Ketua Peneliti yang berhalangan hadir pada saat pelaksanaan Monev, maka yang bersangkutan diwajibkan untuk membuat surat kuasa di atas materai Rp.6000 yang diberikan kepada anggotanya diketahui dan disetujui oleh Ketua LPPM Undip.

Demikian atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Daftar Peserta Monev Penelitian Batch II

Pendaftaran KKN Tematik Pemberdayaan Komunitas Kreatif Produktif di Kelurahan Tembalang Kota Semarang

Diberitahukan kepada Mahasiswa Program Strata 1 Undip bahwa P2KKN akan melaksanakan program KKN Tematik dengan tema “Pemberdayaan Komunitas Kreatif Produktif Kelurahan Tembalang Kota Semarang Menuju Desa Seni Unggulan dan Berdaya Saing Berbasis Kearifan Lokal“. KKN Tematik ini akan dilaksanakan di Dusun Jurang Belimbing, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Pelaksanaan KKN Tematik pada bulan Januari 2019 sampai dengan Februari 2018. Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran dan pelaksanaan KKN Tematik ini dapat diunduh pada lampiran berikut atau dapat menghubungi P2KKN Undip cp. Triyono, SH., M.Kn. (WA: 081225551816) atau Dra. Ana Irhandayiningsih, M.Si. (WA: 082133306888).
Lampiran : Pengumuman KKN Tematik di Kelurahan Tembalang

Undangan Upacara Pemberangkatan Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2019

Berdasarkan Pengumuman Nomor 3797/UN7.P4.3/PM.2018 tentang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Tim I Tahun Akademik 2018/2019 bahwa kegiatan lapangan KKN dilaksanakan pada tanggal 3 Januari 2019 s.d. 17 Februari 2019, dengan ini disampaikan bahwa pelaksaanan KKN diralat menjadi tanggal: 7 Januari 2019 s.d. 20 Februari 2019.

Sehubungan dengan hal tersebut, pelaksanaan Upacara Pemberangkatan Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2019, akan diselenggarakan pada:
Hari                          :  Senin, 7 Januari 2019
Pukul                        :  06.30 WIB – selesai
Tempat                    :  Lapangan Widya Puraya Kampus Undip Tembalang Semarang
Pakaian                    :  Jaket KKN UNDIP
Pimpinan Upacara :  Rektor Universitas Diponegoro

Mengingat pentingnya acara tersebut, kepada peserta KKN dan dosen KKN Undip Tim I Tahun Akademik 2018/2019 diwajibkan hadir pada upacara pemberangkatan tersebut. Harap hadir tepat waktu karena kehadiran pada upacara menjadi point penilaian pelaksanaan KKN.

Diberitahukan juga untuk mahasiswa peserta KKN Tim I Tahun 2019 bahwa selama pelaksanaan KKN dari tanggal 7 Januari 2019 sampai dengan tanggal 20 Februari 2019 diwajibkan untuk menetap di lokasi KKN (tidak pulang ke kampus ataupun ke lokasi lain) yang melalui jalan-jalan utama dengan menggunakan alat transportasi kendaraan roda dua (sepeda motor). Berkenaan dengan anjuran tersebut bagi peserta KKN diwajibkan mengisi surat pernyataan terlampir dan mengumpulkan ke LPPM Undip melalui masing-masing Koordinator Kecamatan paling lambat tanggal 7 Januari 2019. Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.