Berita LPPM

Program Pembiayaan Proof Reading Artikel untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Batch IV

Diberitahukan dengan hormat bahwa LPPM UNDIP melalui Program WCU-UNDIP Tahun Anggaran 2017 membuka kembali Program Pembiayaan Proof Reading Artikel untuk publikasi pada jurnal internasional terindeks bereputasi (Batch IV) bagi Dosen/peneliti di lingkungan Undip, dengan syarat pendaftaran sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir pendaftaran terlampir;
  2. Mengumpulkan artikel dalam bahasa Inggris;
  3. Formulir pendaftaran dan Artikel dikirim ke LPPM Undip pada jam kerja atau melalui email : lppmundip@gmail.com atau lppm@live.undip.ac.id paling lambat tanggal 30 September 2017.
  4. Seleksi artikel yang diterima dan dibiayai akan diumumkan pada tanggal 9 Oktober 2017.

Lampiran : Formulir Pendaftaran Program Proof Reading Artikel Batch IV

PENGUMUMAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN SUMBER DANA DRPM KEMRISTEKDIKTI TAHUN 2017

Bersama ini kami sampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para Peneliti dan Pelaksana Pengabdian Tahun 2017 sebagai berikut:

  1. Dalam rangka memperlancar pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sumber dana DRPM Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2017 dengan ini diberitahukan bahwa Pencairan dana sebesar 70% telah ditransfer langsung ke rekening masing-masing Ketua Peneliti atau Ketua Pelaksana Pengabdian dan tanpa di blokir oleh LPPM Undip;
  2. Adapun pemblokiran dana akan dilaksanakan pada pencairan sebesar 30% bilamana persyaratan-persyaratan yang ditetapkan belum dipenuhi;
  3. Sesuai dengan surat dari Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek No.595/E/ LT/2017 tanggal 4 Agustus 2017 perihal Pemberitahuan bahwa Pengurangan Anggaran Penelitian tahun 2017 akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Kemristekdikti (menunggu info selanjutnya khusus untuk pencairan 30%);
  4. SPK Penelitian dan Pengabdian Tahun 2017 sudah dapat di ambil di Bagian Program dan Evaluasi LPPM Undip pada jam kerja;
  5. Perlu kami ingatkan pula bahwa para Ketua Peneliti dan Pelaksana Pengabdian untuk mengunggah catatan harian dan Laporan Kemajuan hasil Penelitian/Pengabdian di SIMLITABMAS.

Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Undangan Mengikuti FGD Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Tahun 2017

Dalam rangka menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kemampuan menulis artikel di jurnal Internasional, dengan ini diberitahukan bahwa Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro, akan menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional tahun 2017, pada:

  • Hari/ tanggal     :  Kamis-Sabtu/ 7-9 September 2017
  • Pembukaan       :  7 September 2017 jam 13.30 WIB
  • Tempat              :  Hotel Grand Candi, Jalan Sisingamangaraja No. 16 Semarang

Adapun jadwal seleksi peserta adalah sebagai berikut :

  • Pendaftaran tanggal 10 s.d. 31 Agustus 2017 dengan mengirim draft artikel berbahasa Inggris dan formulir kesediaan ke alamat email : artikel.lppm@gmail.com;
  • Seleksi calon peserta FGD tanggal 1 sd. 4 September 2017;
  • Pengumuman Peserta FGD tanggal 5 september 2017.

Memperhatikan hal seperti tersebut di atas, bagi dosen/peneliti di lingkungan Universitas Diponegoro yang berminat mengikuti kegiatan tersebut dapat segera mendaftarkan diri. Perlu kami informasikan pula, bahwa Panitia menyediakan fasilitas berupa akomodasi dan Komsumsi selama kegiatan berlangsung dan tidak menanggung biaya transportasi peserta. Selain itu, peserta tidak diperkenankan membawa keluarga atau teman selama kegiatan berlangsung. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Form Kesediaan FGD Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Tahun 2017

Permintaan Data H-Index Terbaru Dosen Di Lingkungan Universitas Diponegoro

Dalam rangka untuk mengetahui dan mendata perkembangan perolehan h-index para staf dosen di lingkungan Universitas Dipoengoro dengan ini kami mohon para staf dosen berkenan mengumpulkan data h-index lama dan h-index terbaru beserta print screen. Perubahan data h-index terbaru tersebut akan kami sampaikan ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai acuan alokasi penelitian dan pengabdian setiap dosen.

Mohon data tersebut dan attach print screen h-index terbaru dapat disampaikan kepada kami melalui email ke : h.index.lppm@gmail.com selambat-lambatnya tanggal 5 Agustus 2017. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Undangan Peserta Workshop dan Klinik Peningkatan Kualitas Hasil Penelitian Program Peningkatan Kapasitas Riset

Diberitahukan kepada Penerima Pendanaan Penelitian Disertasi Doktor tahun 2017 (daftar terlampir) bahwa dalam rangka mengakselerasi pencapaian tujuan pendanaan Penelitian Disertasi Doktor dan memastikan kontribusi program penelitian tersebut terhadap peningkatan publikasi ilmiah internasional, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat – Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan akan mengadakan kegiatan Workshop dan Klinik Peningkatan Kualitas Hasil Penelitian Program Peningkatan Kapasitas Riset tahun 2017. Workshop ini diperuntukan bagi penerima pendanaan Penelitian Disertasi Doktor tahun 2017 dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Sudah pernah melakukan publikasi ilmiah di jurnal nasional.
  2. Belum pernah melakukan publikasi ilmiah di jurnal internasional.
  3. Telah memiliki draft manuskrip yang ditulis dari hasil penelitian dengan format sesuai dengan jurnal internasional yang akan dituju, diutamakan yang sudah submit manuskrip.
  4. Skor TOEFL minimum 400.
  5. Belum pernah mengikuti pelatihan/workshop dan klinik sejenis.

Sehubungan dengan hal tersebut, bagi yang namanya tercantum pada Lampiran 1 dimohon untuk memberikan konfirmasi keikutsertaan dengan mengisi formulir pada Lampiran 2. Apabila peserta masih menjalani studi maka yang bersangkutan bisa mengikuti Workshop di daerah yang berdekatan dengan lokasi studi diantara 5 (lima) kota tempat penyelenggaraan, yaitu : Semarang (14 – 16 Agustus 2017), Bandung (21 – 23 Agustus 2017), Makassar (24 – 26 Agustus 2017), Malang (29 – 31 Agustus 2017) dan Padang (4 – 6 September 2017).

Panitia hanya menyediakan akomodasi dan konsumsi sedangkan transport ditanggung oleh masing-masing peserta. Konfirmasi peserta dan draft manuskrip mohon dikirim ke alamat email : pkr.drpm@gmail.com (dengan subyek : peserta workshop PDD-2017) selambat-lambatnya hari Senin 7 Agustus 2017.

FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XIX Tahun 2017

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset pada tahun 2020 melalui peningkatan jumlah publikasi dijurnal internasional bereputasi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan mengadakan kegiatan “Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XIX Untuk Dosen/Peneliti/Mahasiswa Universitas Diponegoro Tahun 2017” pada;

  • Hari           :  Kamis – Sabtu
  • Tanggal     :  10 – 12 Agustus 2017
  • Tempat      :  Hotel Grand Wahid – Jl. Jenderal Soedirman No.2 Salatiga

Persyaratan :

  1. Dosen/Peneliti/Mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro;
  2. Mengisi dan menyerahkan form pendaftaran terlampir disertai draft manuskrip (artikel berbahasa Inggris) ke LPPM Undip pada jam kerja atau dapat dikirim melalui email: manuskrip.lppm@gmail.com;
  3. Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 18 Juli 2017sampai dengan 4 Agustus 2017.

Hasil seleksi peserta dan jadwal kegiatan akan diumumkan melalui laman LPPM Undip 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Form Kesediaan mengikuti FGD Penyusunan Manuskrip Batch XIX Tahun 2017

Pengisian Kinerja Penelitian Universitas Diponegoro Tahun 2016

Diberitahukan dengan hormat kepada Dekan Fakultas/Sekolah di Lingkungan Universitas Diponegoro bahwa untuk menindaklanjuti surat dari Direktur Sistem Riset dan Pengembangan nomor: 677/E2/SE/2017 tanggal 17 Juli 2017 tentang Pengisian Data Kinerja Penelitian dan sesuai arahan Rektor, bersama ini, mohon Saudara dapat memberikan data kegiatan penelitian dosen di lingkungan Saudara sebagai bahan pengisian Kinerja Penelitian Universitas Diponegoro Tahun 2016 sebagaimana form isian terlampir.

Selanjutnya mohon data-data penelitian tersebut dapat dikirimkan melalui email: kinerja.lppm@gmail.com beserta hardcopy (berkas pendukung). Perlu kami informasikan pula bahwa batas untuk input data paling lambat tanggal 21 Juli 2017. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Lampiran : Formulir Isian untuk KInerja Penelitian

Seminar Hasil Program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun Pelaksanaan Tahun 2016 Tahap II

Diberitahukan bahwa DRPM, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, akan menyelenggarakan Seminar Hasil Pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun Pelaksanaan Tahun 2016  (tahap II) bagi dosen pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat yang belum diundang pada Seminar Hasil Tahun 2016 (tahap I). Seminar Hasil wajib diikuti oleh para pelaksana program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun Pelaksanaan Tahun 2016.

Berkenaan dengan hal tersebut kepada para Ketua Pelaksana Program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun Pelaksanaan Tahun 2016 di lingkungan Universitas DIponegoro yang namanya tercantum lampiran diwajibkan untuk mengikuti Seminar Hasil yang akan dilaksanakan pada :

  • Hari/Tanggal    : Rabu – Kamis, 19 – 20 Juli 2017
  • Pembukaan     : Rabu, 19 Juli 2017, Pukul 09.30 WIB
  • Cek-out           : Kamis, 20 Juli 2017 Pukul 12.00 WIB
  • Tempat            : Hotel Eastpark Jl.Laksda Adisucipto KM 6.5 Seturan, Yogyakarta

Ketua Pelaksana yang tidak hadir dan tidak mewakilkan kepada anggota akan menjadi catatan DRPM. Pelimpahan kehadiran Ketua pelaksana kepada anggota harus diketahui oleh Ketua LPM/LPPM Perguruan Tinggi. Peserta Seminar Hasil agar memperhatikan kewajiban dan ketentuan peserta sebagai berikut:

  1. Peserta wajib mempresentasikan hasil kegiatannya (waktu presentasi ditentukan dalam panduan kegiatan).
  2. Peserta wajib membawa poster dalam bentuk ex banner serta membawa produk yang telah dihasilkan dan diserahkan pada panitia ketika registrasi di tempat kegiatan berlangsung.
  3. Undangan hanya berlaku bagi peserta yang diundang atau yang mewakili serta tidak diperkenankan membawa anggota tim (kecuali dengan biaya sendiri).
  4. Panitia hanya menanggung akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung. Biaya perjalanan ditanggung oleh masing-masing peserta.

Lampiran :

  1. Seminar Hasil Program Pengabdian kepada Masyarakat Mono Tahun Pelaksanaan Tahun 2016 Tahap II
  2. Daftar Peserta Wilayah Yogyakarta

Pemberitahuan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XIX

Diberitahukan bahwa kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional batch XIX tanggal 20-22 Juli 2017 dibatalkan, mengingat jumlah peserta masih dibawah kuota. Selanjutnya bagi peserta yang sudah mendaftar akan kami ikut sertakan pada periode bulan berikutnya tanggal 10-12 Agustus 2017. Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.