Berita LPPM

Undangan Penandatanganan Surat Penugasan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Sumber Dana Selain APBN Undip Tahun Anggaran 2019

Diberitahukan kepada para peneliti penerima pendanaan penelitian dan pengabdian masyarakat sumber dana Selain APBN Universitas Diponegoro Tahun Anggaran 2019 (daftar terlampir) untuk hadir dalam Penandatanganan Surat Penugasan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian yang akan dilaksanakan pada:

  • hari/tanggal   :  Senin, 27 Mei 2019
  • Sesi I             pukul 12.30 – 13.30 WIB (Penelitian Baru)
  • Sesi II            pukul 13.30 – 14.30 WIB (Penelitian Lanjutan dan Pengabdian Masyarakat)
  • Tempat           :  Convention Room, Gedung ICT Centre lantai 5, Tembalang Semarang

Apabila Ketua Peneliti/Ketua Pelaksana Pengabdian tidak menandatangani kontrak Surat Penugasan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian maka anggaran akan dikembalikan ke Kas Negara.

Ketua peneliti dan pelaksana pengabdian diwajibkan membawa:

  1. Uang Rp.12.000,- (Dua belas ribu rupiah) per judul sebagai pengganti meterai;
  2. Fotocopy KTP, Fotocopy NPWP, dan satu buah meterai Rp.6.000,- untuk pembukaan rekening baru. (Penelitian dan Pengabdian lanjutan tidak perlu buka rekening baru).

Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Pengumuman Hasil Evaluasi Pembekalan KKN Undip Tim II Tahun 2019

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Pembekalan KKN Undip Tim II Tahun Akademik 2018/2019, dengan ini diberitahukan bahwa bagi mahasiswa peserta KKN Tim II Tahun 2019 yang tidak mengikuti pembekalan dan/atau tidak memenuhi batas minimal kehadiran pembekalan tanpa ijin tertulis serta hasil Post Test dibawah 60, diwajibkan untuk hadir pada kegiatan pembekalan ulang KKN Tim 2 Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal  : Senin, 27 Mei 2019
  • Waktu              : 13.00 WIB – Selesai
  • Tempat            : Ruang P2KKN LPPM, Gedung Lab. Obat Alam (Belakang Gd. Widya Puraya)

Apabila tidak datang sesuai waktu yang ditentukan akan masuk daftar draft peserta gugur KKN, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Catatatan: bagi mahasiswa yang memiliki surat ijin pada saat pembekalan tgl 27-28 April 2019 wajib untuk dibawa dan ditunjukkan pada saat pembekalan ulang.

Revisi daftar mahasiswa yang diundang : Daftar Mahasiswa Wajib Pembekalan Ulang

Pelatihan/Klinik Manuskrip Dan Submit Publikasi Internasional Untuk Civitas Akademika Universitas Diponegoro Batch XXXII Tahun 2019

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset pada tahun 2020 melalui peningkatan jumlah publikasi di jurnal Internasional bereputasi, LPPM Undip akan mengadakan “Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional untuk Civitas Akademika Universitas Diponegoro Batch XXXII Tahun 2019” pada:

  • Hari               : Kamis – Sabtu
  • Tanggal         : 27 – 29 Juni 2019
  • Tempat        : Hotel Grand Wahid – Jl. Jenderal Soedirman No.2 Salatiga

Persyaratan Peserta;

  1. Civitas Akademika yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro
  2. Mengisi form kesediaan pendaftaran terlampir dan mengirimkan draft manuskrip (bahasa Inggris) melalui email: manuskrip.lppm@gmail.com;
  3. Pendaftaran sampai dengan 20 Juni 2019 pukul 16.00 WIB.

Hasil seleksi peserta dan jadwal kegiatan akan diumumkan melalui laman LPPM Undip 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Form Kesediaan mengikuti Pelatihan/Klinik Manuskrip Batch XXXII

Program Pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional Tahun 2019

Dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi/karya ilmiah civitas akademika Universitas Diponegoro yang terindeks pada database internasional bereputasi (Scopus & Thomson Reuters), LPPM Undip membuka program bantuan pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional Tahun 2019 dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Seminar internasional yang diselenggarakan memenuhi kriteria seminar internasional menurut Kemenristekdikti (lihat panduan penilaian angka kredit dosen);
  • Pembiayaan hanya meliputi biaya pengindeksan, tidak termasuk biaya pelaksanaan seminar;
  • Menyampaikan salinan MoU/perjanjian kerjasama dengan publisher yang akan mempublikasikan proseding terindeks;
  • Artikel dengan afiliasi Universitas Diponegoro minimal 30% dari total artikel dalam prosiding;
  • Persyaratan dapat dikumpulkan langsung ke LPPM Undip pada jam kerja atau bisa melalui email: lppm@live.undip.ac.id paling lambat tanggal 31 Juli 2019;
  • Pengumuman bagi yang disetujui akan disampaikan pada bulan Agustus 2019.

Pengumuman Program Pembiayaan Proof Reading Artikel untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Batch 2 Tahun 2019

Diberitahukan dengan hormat bahwa hasil seleksi Program Pembiayaan Proof Reading Artikel untuk Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Batch 2 Tahun 2019 dapat dilihat pada lampiran di bawah ini. Kami informasikan juga beberapa hal sebagai berikut:

  1. Hasil seleksi yang artikelnya dinyatakan lolos akan segera kami proses, perkiraan waktu antara 2-4 minggu dan hasilnya akan segera dikirimkan kepada penulis melalui email;
  2. Bagi pendaftar yang belum diterima pada batch 2, diharapkan untuk memperbaiki artikelnya untuk diikutkan pada batch berikutnya;
  3. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk perbaikan artikel yang belum lolos yaitu: (a) Target jurnal yang dituju harus jurnal internasional bereputasi; (b) Penulisan artikel harap disesuaikan dengan standar jurnal yang dituju; (c) Untuk artikel yang ditulis oleh mahasiswa harus menyertakan Dosen Undip sebagai tim penulis.

Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Lampiran :  Daftar Penerima Program Proof Reading Batch 2 Tahun 2019

Pendaftaran Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Elektronik Undip Tahun 2019

Sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan mutu jurnal ilmiah serta mendorong percepatannya untuk terakreditasi nasional dan/atau bereputasi internasional, LPPM Undip menawarkan program Bantuan Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi Nasional dan Bantuan Pengelolaan Jurnal Menuju Bereputasi Internasional Tahun 2019 bagi penerbit jurnal ilmiah di lingkungan Universitas Diponegoro. Sasaran dari program ini adalah jurnal-jurnal yang terbit lingkungan Undip, baik yang belum maupun sudah terakreditasi dan teranking di SINTA (Peringkat 6 hingga Peringkat 1), jurnal harus sudah menerbitkan minimal dua tahun terbitan, dan setiap terbit minimum berisi 5 artikel ilmiah.

Indikator kinerja utama bagi penerima Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi Nasional adalah jurnal terakreditasi minimum Peringkat 2 (SINTA 2), sedangkan indikator kinerja utama bagi penerima Program Bantuan Pengelolaan Jurnal Menuju Bereputasi Internasional adalah jurnal tersubmit atau diterima pada indeksasi Scopus di tahun 2019.

Pendaftaran dilakukan melalui laman https://s.id/4nmh9 paling lambat tanggal 20 Mei 2019. Panduan program bantuan pengelolaan jurnal dan template proposal dapat diunduh pada lampiran.

Lampiran : Panduan dan template proposal program bantuan pengelolaan jurnal 2019

Pendaftaran KKN PPM Tematik di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

Diberitahukan kepada Mahasiswa Program Strata 1 Undip bahwa akan dilaksanakan program KKN PPM Tematik dengan tema “Pengembangan Desa Mandiri Energi Rendah Karbon di Dusun Thekelan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang“ yang akan dilaksanakan di Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. KKN PPM Tematik ini akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 sampai dengan Agustus 2019. Informasi lebih lengkap tentang pendaftaran dan pelaksanaan KKN PPM Tematik ini dapat diunduh pada lampiran berikut.

Lampiran : Pengumuman KKN PPM Tematik di Dusun Tekelan Getasan Kab Semarang

Undangan Penandatanganan Surat Penugasan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Sumber Dana DRPM Kemristekdikti Tahun Anggaran 2019

Diberitahukan kepada para peneliti penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat sumber dana DRPM Kemenristekdikti tahun anggaran 2019 (daftar terlampir) untuk hadir dalam Penandatanganan Surat Penugasan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian yang akan dilaksanakan pada:

  • hari/tanggal     :  Jum’at, 10 Mei 2019
  • Sesi I                  : pukul 13.00 – 14.30 WIB (Penelitian Lanjutan dan Penelitian Peningkatan SDM)
  • Sesi II                 : pukul 14.30 – 15.30 WIB (Penelitian Baru dan Pengabdian Masyarakat)
  • Tempat              :  Convention Room, Gedung ICT Centre lantai 5, Tembalang Semarang

Apabila Ketua Peneliti/Ketua Pelaksana Pengabdian tidak menandatangani kontrak Surat Penugasan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian maka anggaran akan dikembalikan kepada Kas Negara.

Ketua peneliti dan pelaksana pengabdian diwajibkan membawa dana Rp.12.000,- sebagai pengganti meterai; Fotocopy KTP, Fotocopy NPWP, dan satu buah meterai Rp.6000 untuk pembukaan rekening baru. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Pemberitahuan Unggah Revisi Proposal dan RAB Penelitian Tahun 2019 Kemenristekdikti

Diberitahukan kepada peneliti Penerima Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun 2019 Kemenristekdikti,kami beritahukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bagi peneliti yang belum mengunggah revisi proposal dan RAB (daftar terlampir) harap segera melakukan revisi dengan mengikuti Pedoman Unggah Revisi Proposal dan RAB Penelitian 2019 terlampir.
  2. Kepada peneliti yang sudah melakukan revisi proposal dan RAB tetapi merasa masih perlu merevisi ulang, agar segera melakukan revisi ulang sesuai ketentuan.
  3. Simlitabmas dibuka untuk revisi proposal dan RAB pada tanggal 6 – 15 Mei 2019.

Pendidikan dan Pelatihan Amdal di PPLH LPPM Undip Semester II Tahun 2019

Diinformasikan bahwa Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM Undip akan menyelengarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Amdal pada Semester II Tahun 2019 dengan jadwal sebagai berikut:

  1. DASAR-DASAR AMDAL, 2 – 6 September 2019
  2. PENYUSUNAN AMDAL, 9 – 27 September 2019
  3. PENILAIAN AMDAL, 9 – 20 September 2019

Informasi lebih lanjut danpendaftaran dapat menghubungi PPLH LPPM Undip melalui Telp./Fax. (024) 7460035;  HP/WA. 0811-2661-266 atau email: pplhundip@gmail.com

Lampiran : Leaflet Diklat Amdal Semester II 2019    |    Form Pendaftaran Diklat Amdal