Berita LPPM

Penerimaan Proposal Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat DRPM Dikti Pendanaan Tahun 2017

Diberitahukan dengan hormat bahwa Pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sumberdana DRPM Kemenristekdikti dilakukan peneliti/[engabdi sendiri secara daring (online) melalui SimlitabmasNG dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Bagi LP/LPM/LPPM yang belum mempunyai user dan password Operator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dapat mengajukan melalui surel (e-mail) resmi LP/LPM/LPPM ke simlitabmas@ristekdikti.go.id dengan subjek “Permohonan User dan Password Operator” dan mencantumkan kode perguruan tinggi sesuai dengan yang terdaftar di laman forlap.ristekdikti.go.id. Bagi LP/LPM/LPPM yang sebelumnya sudah mendapatkan user dan password Operator untuk kegiatan Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dapat langsung menggunakan user dan password
  2. Tahap pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara daring sampai dengan 30 Mei 2016.
  3. Sesuai dengan ketentuan pada Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016, bahwa pada tahun yang sama, seorang dosen hanya diperbolehkan terlibat pada dua judul penelitian dan dua judul pengabdian kepada masyarakat, yaitu masing-masing satu judul sebagai ketua dan satu judul sebagai anggota atau dua judul sebagai anggota. Khusus bagi dosen yang mempunyai h index Scopus ≥ 2 dapat mengajukan usulan penelitian sebanyak dua judul sebagai ketua dan dua judul sebagai anggota.
  4. Usulan Dosen yang masih belum mengunggah laporan akhir, laporan pertanggungjawaban keuangan, dan bahan seminar hasil (artikel ilmiah, borang capian hasil, poster dan profil) program insentif yang diterima pada tahun sebelumnya, tidak akan diproses lebih lanjut.
  5. Ketua peneliti/pelaksana yang akan mendaftarkan dosen lain sebagai anggota tim harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan melalui Simlitabmas.
  6. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi X Tahun 2016 dan Panduan Pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melalui Simlitabmas sebagaimana terlampir.

Lampiran :

  1. Surat Penerimaan_Proposal_Pendanaan_Tahun_2017
  2. PANDUAN USUL PENELITIAN DAN ABDIMAS EDISI X 2016 2 Mei 2006
  3. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan PPM Edisi X_2016

Penandatanganan Kontrak Penugasan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sumber Dana PNBP Undip TA 2016

Berdasarkan pengumuman hasil evaluasi yang lakukan oleh Tim Reviewer Universitas Diponegoro untuk Usulan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sumber dana PNBP Undip Tahun 2016, bersama ini kami ucapkan selamat bagi peneliti dan pelaksana pengabdian yang usulannya lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sumber dana PNBP Undip Tahun 2016.

Sehubungan hal tersebut di atas, LPPM Undip mengundang peneliti dan pelaksana pengabdian untuk penandatanganan Kontrak Penugasan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sumber dana PNBP Undip, yang akan dilaksanakan pada;

  • Hari/Tanggal  : Rabu, 4 Mei 2016
  • Tempat         : Ruang Seminar LPPM Undip
  • Jam             : 1. 09.00 – 10.30 WIB (skema RPP : no 1 s.d. 103)
  •                      2. 10.30 – 12.00 WIB (skema RPP : no 104 s.d. 143, RUU, PKUM, RDP, UFTSD)
  •                      3. 13.00 – 14.30 WIB ( skema RPI, Professorship Program)

Dengan membawa kelengkapan;

  1. 1 (satu) lembar fotocopy SK Pengangkatan terakhir/terkini;
  2. 1 (satu) lembar fotocopy NPWP;
  3. 1 (satu) lembar fotocopy Buku Rekening (Bank BNI);
  4. Membawa 2 (dua) keping materai sebesar Rp.6.000,-
  5. Nomor Telp/HP terbaru.

Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Daftar Penerima Penugasan Penelitian dan Pengabdian PNBP 2016

Pengumpulan Persyaratan Pencairan Dana Penelitian Sumber Dana DRPM Dikti

Diberitahukan kepada peneliti yang belum mengumpulkan persyaratan pencairan dana penelitian sumber dana Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti / BOPTN (daftar terlampir) diharapkan segera mengumpulkan ke LPPM. Keterlambatan dalam mengumpulkan persyaratan akan memperlambat proses pencairan bagi peneliti yang telah mengumpulkan.

Kami informasikan juga bahwa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi adalah RAB 100% untuk keperluan pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Atas perhatian dan pengertiannya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Daftar Kekurangan Berkas Pencairan Dana Penelitian

Insentif Artikel pada Jurnal Internasional Tahun 2016

Dengan hormat diberitahukan bahwa Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan c.q. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Tahun 2016 akan melaksanakan program Insentif Artikel pada Jurnal Internasional, yaitu memberikan insentif bagi para dosen/peneliti perguruan tinggi yang berhasil mempublikasikan artikel ilmiahnya dalam Jurnal bereputasi internasional. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada lampiran berikut :

  1. Surat Edaran INSENTIF ARTIKEL INTERNASIONAL 2016
  2. Panduan_Insentif Artikel Jurnal Internasional 2016

Program Fasilitasi Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah tahun 2016

Diberitahukan bahwa Dinas Pendidikan Jawa Tengah akan melaksanakan Program Fasilitasi Perguruan Tinggi Tahun 2016, pada tahun ini ada 10 program fasilitasi untuk perguruan tinggi yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok I adalah program-program yang diperuntukkan mahasiswa terdiri dari program: lomba karya tulis inovatif mahasiswa, pengembangan budaya kewirausahaan mahasiswa, penelitian inovatif mahasiswa, rancang bangun teknologi mahasiswa, bantuan beasiswa kurang mampu. Sedang kelompok II program-program dengan sasaran dosen di perguruan tinggi yaitu: penelitian dosen muda, penelitian terapan, pengembangan teknologi tepat guna, penerapan dan pengembangan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mulai tahun 2016, program KKN yang ditawarkan meliputi KKN Desa Vokasi dan KKN Melek Teknologi. Program tersebut diatas diselaraskan dengan program pembangunan di Jawa Tengah yang saat ini difokuskan pada pengembangan ekonomi kerakyatan. Informasi lebih lanjut dapat diunduh pada lampiran.

Lampiran : PANDUAN FASILITASI PERGURUAN TINGGI DISDIK PROP JATENG 2016

Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip Dan Submit Publikasi Internasional Batch XI Untuk Mahasiswa Pascasarjana Universitas Diponegoro Tahun 2016

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset pada tahun 2020, melalui peningkatan jumlah publikasi di jurnal Internasional ber-index Scopus, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro (LPPM UNDIP) akan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XI Untuk Mahasiswa Pascasarjana Universitas Diponegoro Tahun 2016 pada;

  • Hari       : Kamis – Sabtu
  • Tanggal  : 26 – 28 Mei 2016
  • Tempat   : Hotel Grand Wahid – Jl. Jenderal Soedirman No.2 Salatiga

Persyaratan peserta;

  1. Mahasiswa Pascasarjana UNDIP yang belum pernah mengikuti FGD Manuskrip;
  2. Mengisi form pendaftaran (terlampir) dan mengirimkan beserta draft manuskrip/artikel berbahasa Inggris sebanyak 1 (satu) eks ke LPPM Undip langsung atau melalui email: manuskrip.lppm@gmail.com selambat-lambatnya tanggal 20 Mei 2016 jam 16.00 WIB;
  3. Hasil seleksi peserta dan Jadwal Kegiatan diumumkan melalui laman LPPM Undip dua hari sebelum pelaksanaan.

Demikian atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Form Pendaftaran FGD Manuskrip Batch XI

Call For Paper: 2nd International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development (ICTCRED 2016)

Institute of Research and Community Services (LPPM), Diponegoro University is organizing the 2nd International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development (ICTCRED 2016) in the area of Tropical and Coastal Region Eco-Development. The biannual conference will be held in Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Indonesia at October 25-27, 2016. The previous event (the 1st ICTCRED 2014, in Semarang, Indonesia) has been successfully organized with over 100 papers from several countries. This conference is backed by prominent scientists and scholars that serve as scientific committee and reviewers who help to maintain the standard of technical publication. We cordially invite prospective scholars, academicians and scientists to submit research paper to this conference.

The conference is intended to promote and disseminate all research papers under scope of : (A). Coastal Region Eco-Development, and (B). Tropical Life Sciences. The scope of Coastal Region Eco Development encompasses publications with topics:

  • Coastal engineering,
  • Marine Products Processing,
  • Marine Biotechnology,
  • Climate Change,
  • Coastal Management and Social Economics,
  • Disaster management,
  • Food Technology and any other relevant science and engineering subjects related to coastal eco-developments.

IMPORTANT DATES

  • Abstract submission deadline  : May 31th, 2016
  • Acceptance notification : July 1st, 2016
  • Early bird registration : August 21th, 2016
  • Full Text Submission : October 1th, 2016
  • ICTCRED 2016 Conference : October 25th – 27th 2016

AUTHOR GUIDELINES & SUBMISSION

Author should first register to the online manuscript submission system on the following address: http://ictcred.org

After registration, Author can submit the abstract or manuscript. Author is able to track his submission status at anytime by logging in to the online submission interface. The submission tracking includes status of manuscript review and editorial process.

Abstract template (in MS Word)   : https://goo.gl/NrMNiV

PUBLICATION

All the accepted abstracts will be published in the Abstract Book. Selected full papers will be considered for publication in Scopus-indexed journal partner. Please note that the author of selected papers may be asked for additional publication fees.

MISCELLANEOUS:

PENGUMUMAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT YANG DIUSULKAN DIDANAI PNBP UNDIP TAHUN 2016

Berkaitan dengan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sumber dana PNBP Undip tahun 2016 dan berdasarkan hasil Desk Evaluasi dan Evaluasi Pemaparan Usulan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Reviewer Universitas Diponegoro bersama ini kami informasikan sebagai berikut;

  1. Kami ucapkan selamat bagi penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan didanai sumber dana PNBP Undip Tahun Anggaran 2016;
  2. Jumlah dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang disetujui didanai dapat dilihat di LPPM Undip;
  3. Proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lolos bersyarat adalah proposal yang termasuk juga untuk diusulkan didanai, namun diwajibkan memperbaiki proposalnya terlebih dahulu sesuai dengan masukan/rekomendasi Reviewer. Untuk masukan/ rekomendasi reviewer dapat diambil di LPPM Undip tanggal 20 April 2016. Adapun proposal yang sudah diperbaiki dan dikumpulkan sudah berupa proposal pelaksanaan;
  4. Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mulai tanggal 15 April s.d. 30 November 2016;
  5. Bagi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang proposalnya dinyatakan belum lolos, proposal serta masukan atau rekomendasi dari reviewer dapat diambil pada tanggal 2 s.d. 6 Mei 2016;
  6. Adapun untuk penandatanganan perjanjian kontrak dan lainnya akan diinformasikan lebih lanjut.

Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran :

Bengkel Proposal Penelitian Tahun 2016

Menindaklanjuti Pelatihan Penulisan Proposal pada tanggal 8 Maret 2016, bersama ini kami beritahukan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan mengadakan Bengkel Proposal Penelitian untuk diajukan program pendanaan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti yang akan diselenggarakan pada :

  • Hari/tanggal   : Selasa, 26 April 2016
  • P u k u l        : 09.00 – 15.00 WIB
  • T e m p a t     : Ruang Seminar LPPM UNDIP, Gedung Widya Puraya Lantai 1 Kampus Undip Tembalang

Bagi dosen/peneliti di lingkungan Undip yang berminat mengikuti kegiatan tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan draft proposal sebanyak 2 (dua) eksemplar dan mengirimkan form kesediaan terlampir selambat-lambatnya tanggal 22 April 2016. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Form Kesediaan Bengkel Proposal Penelitian