Berita LPPM

Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Universitas Diponegoro Batch XLIII Tahun 2020

Dalam rangka mendukung Pencapaian Visi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset yang Unggul melalui peningkatan jumlah publikasi di jurnal internasional bereputasi, LPPM Undip akan mengadakan “Pelatihan/Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Universitas Diponegoro Batch XLIII Tahun 2020” secara daring (online) pada :

  • Hari                 : Selasa
  • Tanggal           : 13 Oktober 2020
  • Media              : Microsoft Teams

Persyaratan Peserta;

  1. Civitas Academica di lingkungan Universitas Diponegoro selain penerima pendanaan penelitian tahun 2020;
  2. Mengisi form kesediaan pendaftaran dan mengunggah draft manuskrip (bahasa Inggris) melalui aplikasi http://manuskrip.lppm.undip.ac.id/;
  3. Pendaftaran sampai dengan 9 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB.

Hasil seleksi peserta dan jadwal kegiatan akan diumumkan melalui web laman LPPM Undip 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Survey Kepuasan Terhadap Kinerja BAPETEN Tahun 2020

LPPM Undip bekerja sama dengan Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (BAPETEN) sedangan melaksanakan Survey Kepuasan Terhadap Kinerja BAPETEN terkait Perizinan, Peraturan dan Inspeksi pada Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (FRZR) dan Instalasi Bahan Nuklir (IBN) Tahun 2020 berdasarkan perjanjian kerja sama Nomor 027/KS 00 01/BUO-PS/VII/2020. Kerjasama survey ini sudah berjalan 5 tahun terakhir dengan metode riset merujuk kaidah ilmiah statistik dan regulasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Di tahun 2020 survey akan dilaksanakan di 16 propinsi dengan cara daring atau online. Bapeten memiliki kinerja meningkat terus dalam pelayanan kepada publik dari tahun ke tahun dan selalu memperbaiki kinerjanya terhadap masukan-masukan yang diberikan oleh pengguna. Info terbaru dari Bapeten bisa klik di www.bapeten.go.id.

kegiatan Survey ini bertujuan untuk 1). Mendapatkan data tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja proses pengawasan (perizinan, peraturan dan inspeksi); 2). Mendapatkan data untuk perbaikan sistem perizinan, peraturan dan inspeksi; 3). Mendapatkan sebaran tingkat kepuasan dan data perbaikan dari pihak pengguna; dan 4). Mendapatkan masukan terhadap butir-butir mutu pelayanan yang harus ditingkatkan sesuai dengan harapan pengguna. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

  1. Kusesioner Survey Kepuasan terhadap Kinerja BAPETEN terkait Perizinan, Peraturan dan Inspeksi pada Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (FRZR)
  2. Kuesioner Survey Kepuasan terhadap Kinerja BAPETEN terkait Perizinan, Peraturan dan Inspeksi pada Instalasi Bahan Nuklir (IBN) Tahun 2020

Webinar Pelatihan dan Pendampingan Penyiapan Akreditasi dan Reakreditasi Jurnal Ilmiah di UNDIP Tahun 2020

Dalam rangka melakukan pendampingan penyiapan dokumen akreditasi dan reakreditasi bagi jurnal ilmiah di lingkungan Undip, LPPM Undip mengundang pengelola jurnal (daftar terlampir) untuk mengikuti kegiatan Webinar Pelatihan dan Pendampingan Penyiapan Akreditasi/ Reakreditasi Jurnal/Terbitan Berkala Ilmiah di Universitas Diponegoro Tahun 2020, dengan jadwal sebagai berikut:

Webinar Pelatihan dan Pendampingan Penyiapan Akreditasi JurnalWebinar Pelatihan dan Pendampingan Penyiapan Reakreditasi Jurnal
Hari/Tanggal: Senin, 28 September 2020
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
Media : Microsoft Team (kode 8oyka00)
Hari/Tanggal: Selasa, 29 September 2020
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
Media : Microsoft Team (kode 8oyka00)

Adapun ketentuan peserta adalah sebagai berikut:

  1. Peserta adalah tim pengelola jurnal yang memenuhi syarat untuk maju akreditasi atau reakreditasi (daftar terlampir);
  2. Peserta harus mendaftar melalui tautan https://s.id/Arjuna-Undip-2020 paling lambat tanggal 26 September 2020;
  3. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui MS Team dengan kode 8oyka00;
  4. Setelah kegiatan webinar akan dilakukan proses pendampingan dari aspek manajemen dan substansi isi artikel oleh dua orang pembahas untuk tiap jurnal dan diharapkan dapat mengajukan akreditasi sebelum hari Rabu, 30 September 2020.

Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Penutupan Rekening Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2018-2019

Diberitahukan kepada Penerima Pendanaan Penelitian/ Pengabdian kepada Masyarakat sumberdana DRPM dan Selain APBN Tahun Anggaran 2018-2019, bahwa sehubungan dengan telah berakhirnya kegiatan penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat tahun 2018-2019 dan sebagai upaya mencegah terjadinya temuan saat dilakukan pemeriksaan maka para peneliti/pelaksana pengabdian agar melaksanakan hal-hal sebagai berikut :

  1. Ketua peneliti dan pelaksana program pengabdian yang belum memenuhi kewajiban pelaporan dan SPJ pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Program Pengabdian kepada Masyarakat  sumber dana DRPM maupun selain APBN Tahun Anggaran 2018-2019  mohon segera memenuhi kewajibannya paling lambat tanggal 2 Oktober 2020;
  2. Ketua peneliti dan pelaksana program pengabdian yang sudah memenuhi kewajiban pelaporan dan SPJ pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Program Pengabdian kepada Masyarakat  sumber dana DRPM maupun selain APBN Tahun Anggaran 2018-2019, mohon menutup rekening kegiatan Penelitian dan Program Pengabdian kepada Masyarakat ke bank (DRPM Bank BNI, selain APBN Bank BTN );
  3. Penutupan rekening paling lambat tanggal 9 Oktober 2020, lebih dari tanggal tersebut apabila ada pemeriksaan menjadi tanggungjawab yang bersangkutan.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran: Surat Edaran Penutupan Rekening

Undangan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLII Tahun 2020

Dengan ini kami mengundang peserta yang lolos seleksi kegiatan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLII Tahun 2020 (daftar terlampir) untuk mengikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada;

  • Hari/Tanggal   :  Rabu, 23 September 2020
  • Pembukaan    :  Pukul 08:30 WIB – dilanjutkan pelaksanaan kegiatan
  • Media              : Microsoft Teams
  • Link                 :  shorturl.at/awRWX

Mohon dapat mengikuti kegiatan tepat waktu. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Lampiran: 1. Daftar Peserta Klinik Manuskrip Batch 42   |   2. Jadwal Klinik Manuskrip Batch 42

Pengumuman Penerima Program Bantuan Pembiayaan Untuk Publikasi Internasional Tahun 2020

Diberitahukan dengan hormat kepada pendaftar: (1) Program Pembiayaan Publikasi pada Jurnal Internasional Terindeks Bereputasi Berbayar, (2) Pembiayaan Pendaftaran dan Keikutsertaan Seminar Internasional dengan Output Prosiding Terindeks Scopus, (3) Program Pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional Tahun 2020, bahwa berdasarkan hasil seleksi terhadap usulan yang kami terima, terlampir disampaikan daftar penerima program bantuan pembiayaan tersebut.

Bagi penerima program harap segera mengumpulkan surat pernyataan asli dan bukti pembayaran asli (bagi yang belum mengumpulkan) serta fotocopy rekening bank BNI dan Fotocopy NPWP pada bagian keuangan LPPM untuk proses administrasi selanjutnya. Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Batch XLII Tahun 2020

Dalam rangka mendukung Pencapaian Visi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset yang Unggul melalui peningkatan jumlah publikasi pada jurnal internasional bereputasi, LPPM Undip akan mengadakan kegiatan “Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Universitas Diponegoro Batch XLII Tahun 2020” secara daring (online) pada:

  • Hari                 : Rabu
  • Tanggal           : 23 September 2020
  • Media              : Microsoft Teams

Persyaratan Peserta;

  1. Civitas Academica di lingkungan Universitas Diponegoro selain penerima pendanaan penelitian tahun 2020.
  2. Mengisi form kesediaan pendaftaran dan mengunggah draft manuskrip (bahasa Inggris) melalui aplikasi http://manuskrip.lppm.undip.ac.id/
  3. Pendaftaran sampai dengan 18 September 2020 pukul 16.00 WIB.

Hasil seleksi peserta dan jadwal kegiatan akan diumumkan melalui laman LPPM Undip 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu komponen Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen selain pendidikan dan penelitian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan penerapan hasil riset dan teknologi, serta hilirisasi perguruan tinggi kepada masyarakat dalam penyelesaian permasalahan yang dapat mendukung tercapainya program SDG’s (Sustainable Development Goals). Harapannya akademisi bisa berdampingan dengan pemerintah daerah dalam penyusunan RPJMD dengan tujuan akhir adanya peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan manusia melalui sinkronisasi program Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah daerah.

Bertolak dari hal tersebut LPPM Undip akan menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro 2020 (SNPPM 2020) dengan tema “Pengabdian kepada Masyarakat untuk mendukung Sustainable Development Goals di masa Pandemi Covid-19″ yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2020. Kegiatan Seminar Nasional ini merupakan sarana publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari hasil pengembangan dan penerapan IPTEKS, model atau konsep dan implementasi pengabdian dalam berbagai perspektif.  Kegiatan ini merupakan pelaksanaan tahun kedua yang dilaksanakan secara mandiri oleh Universitas Diponegoro, dimana pada tahun pertama dilaksanakan dengan berkolaborasi antara Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang pada November 2019 (SNKPPM 2019).

*Artikel terpilih akan dimuat pada Jurnal INISIATIF (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) LPPM UNDIP (Belum terakreditasi). Artikel lainnya dimuat dalam prosiding Seminar Nasional ber ISBN.

Undangan Pembukaan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLI Tahun 2020

Dengan ini kami mengundang peserta yang lolos seleksi kegiatan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLI Tahun 2020 (daftar terlampir) untuk mengikuti pembukaan kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada;

  • Hari/Tanggal   :  Selasa, 8 September 2020
  • Pembukaan     :  Pukul 09:00 WIB- dilanjutkan pelaksanaan kegiatan
  • Media               : Microsoft Teams
  • Link                  : shorturl.at/ixBCT

Mohon dapat mengikuti kegiatan tepat waktu. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Lampiran: 1. Daftar Peserta Klinik Manuskrip Batch 41   |   2.  Jadwal Pembukaan Klinik Manuskrip Batch 41

Revisi Jadwal Pelaksanaan Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Tahun 2020

Menindaklanjuti pengumuman sebelumnya tentang Kegiatan Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional untuk Peneliti sumber dana DRPM Kemenristek/BRIN dan Selain APBN Undip Tahun Anggaran 2020, dengan ini kami sampaikan perubahan jadwal pelaksanaanya menjadi sebagai berikut;

NoJadwal Pelaksanaan LamaJadwal Pelaksanaan Baru
1Workshop Pembuatan Manuskrip LPPM III 2020 (Pendaftaran: https://forms.gle/icfqvU5ikzu5NirQ8)
Jadwal Pelaksanaan : Rabu, 16 September 2020
Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Batch XLII Tahun 2020
Rabu, 23 September 2020
2Workshop Pembuatan Manuskrip LPPM IV 2020 (Pendaftaran: https://forms.gle/guG2uFP8qrscTFAXA)
Jadwal Pelaksanaan : Rabu, 23 September 2020
Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Batch XLII Tahun 2020
Rabu, 23 September 2020
3Workshop Pembuatan Manuskrip LPPM V 2020 (Pendaftaran: https://forms.gle/jtyVgZeWbW6oQ72N7)
Jadwal Pelaksanaan : Rabu, 30 September 2020
Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Batch XLIII tahun 2020
Selasa,13 Oktober 2020
4Workshop Pembuatan Manuskrip LPPM VI 2020 (Pendaftaran: https://forms.gle/xW24CJ2zk5QvM6xM6
Jadwal Pelaksanaan : Selasa, 13 Oktober 2020
Workshop Klinik Manuskrip Publikasi Internasional Batch XLIII tahun 2020
Selasa,13 Oktober 2020

Atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.