(024) 7460032 - (024) 7460039 lppm@live.undip.ac.id

SEMARANG, INDONESIA

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Diponegoro

Pengumuman

Pengumuman Perpanjangan Penerimaan KKN Tematik Batch I KHDTK WANA DIPA UNDIP – Program Matching Fund KEDAIREKA Tahun 2021

Dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mahasiswa Universitas Diponegoro untuk mengikuti KKN Tematik Batch I KHDTK Wana Dipa Undip – Program Matching Fund Kedaireka Kemendikbudristek Tahun 2021, Maka dengan ini dilakukan Perpanjangan masa Pendaftaran dan Penyesuaian terhadap Jadwal KKN Tematik Batch I sebagai berikut :

  1. Perpanjangan pendaftaran : 27 Juli 2021 – 9 Agustus 2021
  2. Pembekalan KKN tematik : 12 Agustus 2021
  3. Swab Antigen peserta KKN Tematik : 19 Agustus 2021
  4. Penerjunan : 20 Agustus 2021
  5. Penarikan : 31 September 2021

Dengan adanya pengumuman ini maka jadwal pelaksanaan pelaksanaan KKN Tematik Batch I yang sebelumnya telah disampaikan melalui website KKN Undip (http://kkn.undip.ac.id/?p=215125) dinyatakan dilakukan penyesuaian. Adapun detail kegiatan dan persyaratan pendaftaran dapat diunduh pada lampiran pengumuman ini.  Demikian pengumuman ini disampaikan untuk dapat diperhatikan bagi semua pihak. Atas perhatian dan kerja samanya, disampaikan terima kasih.

Lampiran: Pengumuman KKN Tematik Batch I KHDTK Wana Dipa Undip

Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLIV Tahun 2021

Dalam rangka mendukung pencapaian Visi Universitas Diponegoro “Menjadi Universitas Riset yang Unggul” melalui peningkatan jumlah publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi maupun pencapaian luaran penelitian, dengan ini LPPM Undip mengundang Bpk/Ibu Peneliti yang didanai oleh DRPM BRIN Kemendikbud Ristek maupun Selain APBN Undip Tahun Anggaran 2021 (daftar terlampir) untuk mengikuti Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLIV tahun 2021 yang akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meetings pada:

  • hari I tanggal : Kamis, 5 Agustus 2021
  • pukul              : 09.00 WIB – selesai

Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan terkait kegiatan tersebut:

  1. Peserta adalah penerima hibah penelitian sumber dana DRPM BRIN/Kemendikbud Ristek maupun dana Selain APBN Undip Tahun Anggaran 2021;
  2. Bagi ketua peneliti yang mendapatkan hibah penelitian lebih dari satu judul, pada saat pelaksanaan kegiatan wajib hadir dan diwakili oleh anggota atau asistennya (bukan dari tendik) di setiap judul penelitian yang lain;
  3. Ketua peneliti wajib melakukan registrasi/pendaftaran sesuai jumlah judul penelitian melalui laman: http://manuskrip.lppm.undip.ac.id, dan wajib mengunggah file draft Manuskrip (bahasa lnggris) dalam format pdf, mulai tanggal 10 s/d 25 Juli 2021 (draf manuskrip menyesuaikan kesiapan data yang dimiliki);
  4. Dalam pelaksanaannya setelah penyampaian materi selesai, peserta akan dikelompokkan dan didampingi oleh narasumber/pendamping;
  5. Zoom Meeting ID dan Passcode akan didapatkan melalui aplikasi Pendaftaran Manuskrip H-3 sebelum kegiatan.
  6. Setiap peserta (judul penelitian) wajib mencapai status minimal submit pada jurnal yang dituju.
  7. Keikutsertaan kegiatan ini sebagai salah satu persyaratan dalam membuka blokir dana penelitian sebesar 10% atau 30% tahun anggaran 2021.
  8. Bilamana ada kendala dalam pendaftaran dapat menghubungi Sdr. Sariyanto (Hp.0856 4023 7709) dan Sdri. Hanjar Setyowati, S.Kom, (Hp.0857 3555 9475).

Atas perhatian dan kerja samanya, disampaikan terima kasih.

Lampiran: Undangan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLIV Tahun 2021

International Symposium on Food and Agrobiodiversity (ISFA 2021)

Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegeoro bekerjasama dengan Indonesian Food Technologists (IFT) akan menyelenggarakan International Symposium on Food and Agrobiodiversity yang ke-3 pada 14-15 September 2021 (ISFA 2021) dengan format WEBINAR dengan mengangkat judul: “Opportunities and Challenges of Sustainable Agriculture and Food Production during Global Pandemic“. Beberapa peneliti dari perguruan tinggi unggulan dunia akan bertindak sebagai pembicara kunci.

  1. Prof Maurice Ku – Plant Molecular Biology: Engineering C4 Rice (Department of Bioagricultural Sciences, College of Agriculture, National Chiayi University, Taiwan)
  2. Prof Joost van den Borne – Animal Production and Healthy Farming (HAS University of Applied Sciences, Netherland)
  3. Prof Shigeru Hayakawa – Food Science (Kagawa University, Japan)
  4. Prof Indrawati Oey – Food Processing (Department of Food Science, University of Otago, New Zealand)
  5. Dr Hii Ching Lik – Drying Technology (Nottingham University, Malaysia)
  6. Prof Peter J Batt – Social Science (Curtin University, Australia)

ISFA 2021 juga membuka kesempatan kepada dosen dan peneliti nasional untuk berbagi ide dan pengalaman dalam ruang lingkup topik:

  1. Agricultural Production Systems
  2. Agricultural Biotechnology
  3. Agricultural Economics
  4. Agricultural and Food Waste
  5. Food Processing and Engineering
  6. Food Safety, Food Security and Food for Well-being

Artikel yang diterima di ISFA 2021 ini akan diterbitkan oleh AIP publishing dan diindeks di SCOPUS. Berikut ini beberapa tanggal penting dan link yang berkaitan dengan kegiatan ISFA 2021.

Informasi lebih lanjut mengenai ISFA 2021 dapat diakses di https://isfa.ift.or.id/ atau menghubungi panitia melalui email di isfa@ift.or.id dan kontak person (bisa melalui pesan WhatsApp) di +62 822-2123-8423.

Undangan Workshop Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian Undip Tahun 2021

Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Universitas Diponegoro, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan menyelenggarakan kegiatan “Webinar Workshop Pengelolaan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Universitas Diponegoro Tahun 2021” yang dilaksanakan besok pada:

  • Hari / tanggal : Rabu / 9 Juni 2021
  • Pukul              : 09.00 WIB – selesai
  • Media             : Zoom Meeting.
  • Meeting ID      : 946 6804 5667
  • Passcode       : UNDIP2021

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dengan ini kami mengundang dan bersifat wajib bagi Bapak/Ibu ketua peneliti/pelaksanaan pengabdian sumber dana DRPM dan Selain APBN Universitas Diponegoro TA.2021 (daftar terlampir) untuk mengikuti kegiatan tersebut. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Pendidikan dan Pelatihan Amdal di PPLH LPPM UNDIP Semester I Tahun 2021

Diinformasikan bahwa Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM Undip akan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Diklat Amdal) pada Semester I Tahun 2021 Secara Daring dengan jadwal sebagai berikut:

  1. DASAR-DASAR AMDAL: 31 Mei 2021 – 5 Juni 2021
  2. PENILAI AMDAL: 7 – 18 Juni 2021

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi PPLH LPPM Undip melalui. email: pplhundip@gmail.com, HP 0821-3603-7520

Lampiran: Leaflet Diklat Amdal    |    Form Pendaftaran Diklat Amdal

Program Pembiayaan untuk Publikasi Internasional Bereputasi Tahun 2021

Diberitahukan dengan hormat bahwa LPPM Undip pada Tahun Anggaran 2021 membuka program pembiayaan untuk publikasi internasional bereputasi bagi dosen/peneliti di lingkungan Undip, adapun jenis program dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

A. Program Pembiayaan Proof Reading untuk Publikasi Internasional:

  1. Program tidak dibatasi waktu pelaksanaannya, artikel yang didaftarkan akan diproses jika memenuhi persyaratan;
  2. Seleksi artikel dilakukan dengan memperhatikan kualitas artikel dan pemilihan jurnal yang dituju (SJR dan/atau IF);
  3. Mengirimkan artikel dengan format sesuai dengan ketentuan dari jurnal yang dituju dan dilengkapi form pendaftaran (terlampir).
  4. Persyaratan dapat dikirimkan ke LPPM Undip pada jam kerja atau melalui email: lppm@live.undip.ac.id,

B. Pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional Tahun 2021:

  1. Pembiayaan hanya meliputi biaya pengindeksan, tidak termasuk biaya pelaksanaan seminar;
  2. Seminar yang diselenggarakan memenuhi kriteria seminar internasional menurut Kemenristekdikti (lihat panduan penilaian angka kredit dosen);
  3. Menyampaikan proposal yang dilengkapi dengan salinan MoU/perjanjian kerja sama dengan publisher;
  4. Artikel dengan afiliasi Universitas Diponegoro minimal 30% dari total artikel dalam prosiding;
  5. Persyaratan dapat dikirimkan ke LPPM Undip pada jam kerja atau melalui email: lppm@live.undip.ac.id, paling lambat tanggal 31 Agustus 2021. Pengumuman bagi yang disetujui akan disampaikan melalui laman Lppm Undip.

Lampiran: Form Pendaftaran Proof Reading Tahun 2020

Pengisian Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro Tahun 2020

Diberitahukan kepada Dekan Fakultas di lingkungan Undip, bahwa dalam rangka menindaklanjuti surat Kemenristek/BRIN No. B/31/E2.4/RS.04/2021 perihal pengisian Data Kinerja Penelitian dan Pengabdian Perguruan Tinggi periode tahun 2020, mohon dapat memberikan data kegiatan penelitian dan pengabdian dosen di fakultas sebagai bahan pengisian Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro Tahun 2020 dengan format isian sebagaimana pada lampiran dibawah ini.

Data penelitian dan pengabdian tersebut agar dikirimkan melalui email: lppm@live.undip.ac.id  beserta softcopy (berkas pendukung) paling lambat tanggal 21 April 2021. Jika ada hal-hal yang perlu diperjelas dapat menghubungi Saudari Hanjar Setyowati, S.Kom pada Nomor HP. 085735559475. Atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

Lampiran:   1. Borang Penelitian 2020        |         2. Borang Pengabdian Masyarakat 2020

Undangan Penandatanganan Surat Penugasan Kegiatan (SPK) Penelitian dan/ Pengabdian kepada Masyarakat yang Dibiayai Selain APBN Tahun 2021

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai Anggaran Selain APBN Universitas Diponegoro Tahun 2021 dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu untuk tanda tangan Surat Penugasan Kegiatan (SPK) Penelitian dan/ Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan sesuai undangan dengan jadwal sebagaimana terlampir.

Dalam rangka memperlancar pelaksanaan kegiatan yang dimaksud, mohon sekiranya dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai hand sanitizer) dan membawa pulpen sendiri.
  2. Membawa uang sebagai pengganti 2 (dua) materai sebesar Rp. 20.000,-.
  3. Setelah Surat Penugasan Kegiatan (SPK) ditandatangani selanjutnya diunggah beserta Proposal Pelaksanaan di laman SIP3MU.
  4. Khusus skema PMDSU Undip, Surat Penugasan Kegiatan (SPK) sudah ditandatangani pada waktu tahun 2020 (tahun jamak) sehingga diwajibkan mengunggah Proposal Pelaksanaan tahun 2021 sesuai dengan dana yang disetujui dan tercantum dalam SIP3MU.
  5. Setiap Ketua Peneliti/Pelaksana Pengabdian dengan status baru wajib mengisi kelengkapan persyaratan pencairan untuk pembuatan rekening baru, dengan mengisi formulir di link: https://forms.gle/QdtqEeUimeF1XSvK6 selambat-lambatnya tanggal 14 April 2021. Sedangkan Ketua Peneliti/Pelaksana Pengabdian dengan status lanjutan menggunakan rekening yang lama.
  6. Bilamana salah satu Ketua Peneliti/Pelaksana Pengabdian belum input sampai batas waktu input, maka pencairan belum dapat diproses lebih lanjut.

Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Lampiran: Daftar Undangan dan Jadwal Penandatanganan SPK Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021

Pendaftaran KKN Tematik tentang Wirausaha Tanaman Biofarmaka Untuk Menghadapi Pandemi Covid19

Halo guys! 🖐
Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu, khususnya di masa pandemi ini ya!  Ada berita baik nih buat kalian yang mau ikutan KKN Tematik. Topiknya adalah “Perbanyakan dan wirausaha tanaman biofarmaka untuk menghadapi pandemi Covid19 di Desa Sekaran Gunung Pati  Semarang”. 
 
Programnya apa aja ya? Ada beberapa kegiatan yang akan diadakan, yaitu:
– Penyuluhan tentang berbagai tanaman biofarmaka dan khasiatnya dalam menghadapi Pandemi Covid19;
– Penyuluhan dan percontohan cara Perbanyakan tanaman biofarmaka;
– Penyuluhan wirausaha tanaman biofarmaka;
– Edukasi tentang vaksinasi covid-19.
 
📍Kegiatan KKN akan dilaksanakan di Desa Sekaran, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
Pendaftar dipersilahkan mengisi link dibawah ini: https://forms.gle/NtDX1n6XJFzBnCrF6
Timeline pendaftaran: 5 April – 5 Mei 2021 (Jika kuota sudah penuh, pendaftaran akan ditutup sewaktu waktu).
Informasi lengkap bisa menghubungi : 📞 Dion (0812-8504-5376)  ❗KUOTA TERBATAS ❗

Pendaftaran KKN Tematik Perbanyakan Tanaman Aromatik Atsiri untuk Menghadapi Pandemi Covid19

Halo guys! 🖐
Gimana kabar kalian? Semoga sehat selalu, khususnya di masa pandemi ini ya!  Ada berita baik nih buat kalian yang mau ikutan KKN Tematik. Topiknya adalah… “Perbanyakan tanaman aromatik atsiri untuk menghadapi pandemi Covid19 bagi  Ibu-ibu PKK Sampangan Semarang”.
Programnya apa aja ya? Ada beberapa kegiatan yang akan diadakan, yaitu:
– Penyuluhan tentang berbagai tanaman aromatik atsiri dan khasiatnya dalam menghadapi Pandemi Covid19;
– Penyuluhan dan percontohan cara Perbanyakan tanaman aromatik atsiri;
– Edukasi tentang vaksinasi covid-19.
 
📍Kegiatan KKN akan dilaksanakan di Kel. Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
Pendaftar dipersilahkan mengisi link dibawah ini:  https://forms.gle/A85aC45d6pRcbwy17
 
Timeline pendaftaran: 5 April – 5 Mei 2021 (Jika kuota sudah penuh, pendaftaran akan ditutup sewaktu waktu).
 
Informasi lengkap bisa menghubungi : 📞 Bima (0858-1745-8263   ❗KUOTA TERBATAS ❗