Berita LPPM

Unggah Laporan Akhir dan Rekapitulasi Penggunaan Dana Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Diberitahunkan dengan hormat bagi para dosen yang telah mendapatkan dana Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat baik melalui DIPA Ditlitabmas Ditjen Dikti maupun DIPA Perguruan Tinggi tahun 2013 dan belum mengunggah softcopy Laporan Akhir dan Rekapitulasi Penggunaan Dana Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sampai dengan tanggal 23 Februari 2014 agar segera diunggah melalui SIM-LITABMAS dengan menggunakan user dan password masing-masing penerima hibah.

Para dosen yang tidak mengunggah kedua dokumen dimaksud akan berakibat tidak dapat mengusulkan hibah Penelitian atau Pengabdian kepada Masyarakat pada tahun berikutnya.

Kami mohon bantuan Saudara untuk segera menginformasikan hal tersebut kepada para dosen penerima hibah (nama-nama terlampir). Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami mengucapkan termakasih.

Unduh File:
Surat Edaran Unggah Laporan Akhir dan Rekapitulasi Penggunaan Dana Penelitian dan Ppm
Daftar Belum Unggah Penggunaan Anggaran
Daftar Belum Unggah Laporan Akhir
Petunjuk Pengisian Rekapitulasi Penggunaan Dana

Hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode II Tahun 2013

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 040/P/2014 tanggal 14 Pebruari 2014, dengan hormat disampaikan hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode II Tahun 2013. Sertifikat Akreditasi bagi yang lolos dan resume hasil akreditasi bagi pengusul akreditasi tahap II tahun 2013 akan disampaikan kemudian.

Unduh File:
Surat Pengumuman Hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode II tahun 2013
Lampiran Hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode II tahun 2013
Surat Edaran Dirjen Dikti

Program DIES “International Deans’ Course South East Asia 2014

Diberitahukan dengan hormat, bahwa The German Academic Exchange Service (DAAD) akan menyelenggarakan Program DIES “International Deans’ Course South East Asia 2014-15” dari Ref. 433 DAAD Bonn. Selain ditujukan kepada dekan, program ini terbuka bagi ketua departemen, wakil dekan, wakil president/wakil rektor di universitas, dengan usia antara 40 sampai 50 tahun. Informasi lebih lengkap dapat diunduh pada lampiran. Aplikasi lengkap dikirim via e-mail sebelum tanggal 25 Februari 2014 ke Mr. Alexander Rupp (idc@wi.hs-osnabrueck.de) dan cc. untuk DAAD Jakarta ke dwi@daadjkt.org atau info@daadjkt.org.

Lampiran :

Announcement-IDC SEA 2014-15

IDC Application form 2014-15

Motivation letter form 2014

Program Unggulan Berpotensi HKI (UBER HKI) Tahun 2014

Pada tahun 2014 Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuka program Unggulan Berpotensi HKI (UBER-HKI) yang dipergunakan  untuk bantuan pendaftaran dan percepatan perolehan paten guna mendorong  dan  meningkatkan  perolehan paten dari perguruan tinggi.

Program Bantuan Pendaftaran Paten UBER-HKI tahun 2014 ditujukan bagi pelaksana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah selesai kegiatannya dan siap diajukan pendaftaran patennya. Pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang akan diajukan permohonan pendaftaran patennya tidak dibatasi waktu.

Usulan  disampaikan  selambat-lambatnya tanggal  30 April 2014,  pukul 16.00 WIB. Terlampir kami sampaikan Panduan Pengusulan Program UBER HKI 2014 :

Unduh File:
Surat Edaran UBER HKI 2014
PANDUAN UBER HKI 2014

PENDAFTARAN CALON REVIEWER LPDP 2014

Berkaitan dengan surat dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Sekjen Lembaga Pengelolan Dana Pendidikan (LPDP) Nomor : S-050/LPDP/2014 perihal Pendaftaran Calon Reviewer Program Pendanaan Riset Pembangunan Indonesia Lembaga Pengelolan Dana Pendidikan (LPDP), dengan ini diberitahukan kepada dosen/peneliti dilingkungan Undip yang berminat menjadi reviewer LPDP untuk segera mengajukan usulan dengan persyaratan terlampir.

Usulan calon reviewer beserta persyaratan kelengkapannya dapat disampaikan melalui LPPM paling lambat tanggal 24 Februari 2014 untuk dapat diproses lebih lanjut.

Unduh File:
Surat Undangan Seleksi Calon Reviewer (Undip)

Formulir Calon Reviewer

PENGIRIMAN BAHAN SEMINAR HASIL PENELITIAN

Dalam rangka akuntabilitas pelaksanaan penelitian di Perguruan Tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merencanakan akan melaksanakan Seminar Hasil Penelitian pada tahun 2014. Untuk itu bagi para peneliti yang telah selesai melaksanakan penelitiannya tahun 2013 (semua SKIM) baik yang didanai DIPA Ditlitabmas Ditjen Dikti maupun DIPA PT diwajibkan untuk mengisi/menggugah ke SIM-LITABMAS berupa:

  1. artikel ilmiah;
  2. borang Capaian Hasil Penilaian;
  3. poster.

Terlampir disampaikan Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah, Panduan Pembuatan Poster, dan Panduan Unggah Dokumen dimaksud. Dimohon kepada para Peneliti (nama- nama terlampir) untuk segera mengunggah bahan-bahan dimaksud, melalui SIM-LITABMAS, selambat-lambatnya tanggal 28 Februari 2014. Apabila peneliti tidak mengunggah dokumen-dokumen tersebut maka peneliti tersebut dipertimbangkan untuk tidak dapat mengusulkan hibah penelitian di masa mendatang.

Unduh File:
Surat Pengiriman Bahan Seminar Hasil 2014
Lampiran Peserta Seminar Hasil Penelitian Selesai 2013
FORMULIR EVALUASI ATAS CAPAIAN LUARAN KEGIATAN
Panduan Artikel Hibah Penelitian
Panduan_Unggah_Bahan_Seminar_Hasil
Penatakelolaan Poster Penelitian

UPACARA PENARIKAN KKN UNDIP TIM I TA 2013/2014

Diumumkan kepada Mahasiswa Peserta KKN UNDIP Tim I Tahun Akademik 2013/2014 bahwa LPPM UNDIP akan melaksanakan Upacara Penarikan Mahasiswa KKN UNDIP Tim I TA 2013/2014, sehubungan dengan hal tersebut mohon kehadirannya pada :

Hari/Tanggal          : Senin, 17 Februari 2014

Pukul                     : 06.30 WIB – selesai

Tempat                  : Lapangan Depan Gedung Widya Puraya, Kampus UNDIP Tembalang

Pimpinan Upacara : Rektor UNDIP

Pakaian                 : Jaket KKN

Mengingat pentingnya acara tersebut, diharap hadir tepat waktu (disediakan daftar hadir).

PENANDATANGANAN KUITANSI DANA INSENTIF RISET SINAS TAHUN 2013

Diberitahukan kepada peneliti penerima Insentif Riset SINAS Tahun 2013 yang sudah menyelesaikan Laporan Akhir dan SPJ Tahap III (20%), diharapkan untuk hadir di LPPM Undip Bagian Keuangan guna menandatangani kuitansi pencairan dana penelitian Tahap III (20%) mulai hari Jumat tanggal 7 Februari 2014 dengan membawa persyaratan sebagai berikut :
1. Membawa Materai @ Rp. 6000,- sebanyak 1 (satu) lembar
2. Fotocopy Rekening Bank Mandiri atas nama ketua peneliti
3. Fotocopy NPWP ketua peneliti

TAWARAN PROGRAM HIBAH PENELITIAN PERUBAHAN IKLIM

Menyadari pentingnya kegiatan penelitian yang terkait dengan perubahan iklim, dengan hormat kami sampaikan tawaran Program Hibah/Grand Penelitian Perubahan Iklim dari Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) yang diketuai oleh Presiden Republik Indonesia dengan dua orang wakil Ketua yaitu Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Menteri Koordinator Perekonomian.

Perlu kami sampaikan bahwa Proposal Penelitian berisi: 1) Judul penelitian; 2) Latar belakang; 3) Tujuan; 4) Metodologi; 5) Hipotesis, dengan panjang 1000 kata dan dikirim melaui info@iccc-network.net selama periode 10 Februari 2014 sampai 10 Maret 2014. Untuk lebih jelasnya bersama ini kami sampaikan Pedoman Program Hibah/Grand Penelitian Perubahan Iklim dari DNPI. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Unduh File:
Surat Penerimaan Program Hibah Penelitian Perubahan Iklim
Lampiran Pedoman Program Hibah Penelitian Perubahan Iklim dari DNPI

PENGUMUMAN PROGRAM FASILITASI PERGURUAN TINGGI PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

Diberitahukan dengan hormat kepada peneliti di lingkungan UNDIP yang mengajukan Proposal Program Fasilitasi Perguruan Tinggi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bahwa proposal-proposal yang lolos serangkaian seleksi tahun 2013 lalu, untuk dibiayai tahun 2014 (daftar terlampir), dengan beberapa catatan sebagai berikut:

  1. Beberapa proposal perlu direvisi. Catatan dari reviewer adalah seperti tertera di setiap baris proposal terlampir.
  2. Jadwal Bimbingan Teknis akan diumumkan menyusu.
  3. Bagi yang proposalnya harus direvisi, harap perbaikan tersebut dibawa waktu BINTEK, masing-masing proposal rangkap 3 (tiga). Warna sampul persis seperti panduan
  4. Bagi proposal yang tidak perlu direvisi, harap membawa 3 copy proposal yang telah disahkan pada kegiatan BINTEK. Warna sampul juga persis seperti panduan
  5. Di lembar pengesahan proposal yang akan diserahkan di Bintek ini harap menyertakan:
  • Alamat email lembaga
  • Alamat email ketua pelaksana
  • No. HP Ketua Lembaga
  • No. HP Ketua Pelaksana

Lampiran : Daftar Proposal Lolos seleksi awal Program Fasilitasi Perguruan Tinggi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah