Berita LPPM

Insentif Artikel pada Jurnal Internasional Tahun 2014

Dengan hormat diberitahukan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi c.q. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2014 akan melaksanakan program Insentif Artikel pada Jurnal Internasional, yaitu memberikan insentif bagi para dosen/peneliti perguruan tinggi yang berhasil mempublikasikan artikel ilmiahnya dalam berkala ilmiah bereputasi internasional.
Program ini dimaksudkan untuk mendorong dan meningkatkan gairah para dosen/peneliti untuk mempublikasikan artikel ilmiah dalam berkala ilmiah bereputasi internasional sehingga terjadi peningkatan komunikasi ilmiah antar peneliti di kancah Internasional.
Usulan diterima selambat-lambatnya tanggal 7 Juli 2014, pukul 16.00 WIB, dengan alamat:
Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Up. Kasubdit HKI dan Publikasi
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung D Ditjen Dikti, Jl. Pintu Satu, Senayan, Jakarta 10270

Terlampir kami sampaikan Panduan Pengajuan Proposal yang dapat diakses dihttp://dikti.go.idatau http://simlitabmas.dikti.go.id untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja sama yang dilimpahkan kami mengucapkan terima kasih.
Unduh File:
Surat Insentif Artikel pada Jurnal Internasional Tahun 2014
PANDUAN INSENTIF ARTIKEL PADA JURNAL INTERNASIONAL 2014
Format Insentif Artikel Pada Jurnal Internasional Tahun-2014

PENGUMUMAN ICTCRED 2014

Diberitahukan kepada peneliti di Undip khususnya penerima dana penelitian kompetitf sumberdana PNBP, BOPTN, kompetitif nasional, Insentif Sinas, KKP3N, dll. diharapkan dapat berpartisipasi sebagai pemakalah dalam International Conference on Tropical and Coastal Region Eco-develpment. Diinformasikan bahwa kegiatan tersebut dapat membantu peneliti dalam menyiapkan kegiatan monev yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.
Informasi conference dapat di lihat di sini.http://ictcred.undip.ac.id
Download : Flyer_ICTCRED_2014

International Conference on Tropical and Coastal Region Eco-Development 2014

Research and Community Services Institute, Diponegoro University is organizing an international conference in the area of Tropical and Coastal Region Eco-Development. The conference is intended to promote and disseminate  all research papers under scope of : (A). Coastal Region Eco-Development and (B). Tropical Life Sciences. The  scope of Coastal Region Eco Development encompasses publications with topics: Coastal engineering, Marine Products Processing, Marine Biotechnology, Climate Change, Coastal Management and Social Economics, Disaster management, and any other relevant science and engineering subjects related to coastal eco-developments.
While the scope of Tropical Life Sciences covers: molecular biology, public health, psychology, tropical diseases, policy related to health and disease; pharmacological aspects and treatment, epidemiology, genetic studies, medical microbiology, food microbiology.

Importance Date
Abstract Submission: May 31,2014;
Abstract Acceptance: June 14, 2014;
Paper Submission: August 4, 2014;

Abstract submission
To register to this conference, please submit your abstract to email: ictcred@live.undip.ac.id before 31st May 2014

Venue : PATRA JASA HOTEL, Jl. Sisingamangaraja , Semarang 50232, Central Java – Indonesia

More information please visit: http://ictcred.undip.ac.id  Unduh: Flyer_ICTCRED_2014

Undangan Mengikuti Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan PKM yang berpotensi Paten di Semarang

Dalam rangka upaya untuk memberikan pemahaman tentang kekayaan intelektual, dan/atau menumbuhkembangkan kreativitas serta inovasi para dosen/mahasiswa perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi c.q. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat akan menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kreativitas Mahasiswa yang berpotensi Paten yang bertujuan membangun pemahaman dan kemampuan peneliti maupun institusi agar dapat menghasilkan penelitian yang berpotensi paten serta meningkatkan kemampuan praktisi dalam membuat dokumen spesifikasi paten (deskripsi paten). Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kepada nama-nama terlampir, yang terpilih berdasarkan hasil seleksi dari program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kreativitas Mahasiswa oleh Tim Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kreativitas Mahasiswa yang berpotensi paten pada:

Hari/Tanggal : Kamis/ 5-7 Juni 2014
Pembukaan  : Kamis, 5 Juni 2014, Pk. 13.30 WIB
Tempat         : Hotel Patra Jasa, Jl. Sisingamangaraja Semarang Telp. 024 841 4141
Check-in       : Mulai pukul 16.00 WIB, Kamis, 5 Juni 2014
Check-out     : Pukul 11.00 WIB, Sabtu, 7 Juni 2014

  • Peserta diwajibkan menyiapkan draft dokumen paten sesuai dengan Format Paten (terlampir) dan softcopynya, membawa Laptop serta surat tugas dari pimpinannya;
  • Peserta diwajibkan datang tepat waktu dan mengikuti seluruh acara kegiatan sesuai jadwal;
  • Mengisi Form Kesediaan dan mengirimkan ke email: hkipublikasi.dp2m@dikti.go.id paling lambat tanggal 4 Juni 2014;
  • Panitia menanggung biaya perjalanan udara (PP) dengan tiket ekonomi termurah, akomodasi dan konsumsi untuk peserta pelatihan selama kegiatan berlangsung;
  • Terlampir lembar SPPD untuk ditandatangani oleh pejabat berwenang di institusi Saudara dan dicap, serta dibawa pada saat menghadiri kegiatan dimaksud.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Unduh File:
Undangan Mengikuti Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kreativitas Mahasiswa yang berpotensi Paten via LPPM
Contoh Dokumen Paten
SPPD

Pelatihan Peningkatan Mutu Dosen Dalam Menyusun Proposal Penelitian

Diberitahukan dengan hormat bahwa dalam rangka meningkatkan kemampuan Dosen peneliti, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada tahun 2014 akan melaksanakan Pelatihan Peningkatan Mutu Dosen dalam Menyusun Proposal Penelitian Perguruan Tinggi untuk Program Kompetitif Nasional dan Desentralisasi dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta adalah dosen Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki NIDN, bergelar Doktor, dan belum pernah mendapatkan hibah skema Penelitian Unggulan Strategis Nasional (PUSNAS), Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (RAPID), Penelitian Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), atau Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT).
  2. Peserta bersedia membawa proposal skema PUSNAS, RAPID, MP3EI, atau PUPT pada saat pelatihan.
  3. Pendaftaran pelatihan dilakukan oleh operator penelitian perguruan tinggi secara online melalui laman http://simlitabmas.dikti.go.id/pelatihan.
  4. Pendaftaran pelatihan akan ditutup pada tanggal 14 Juni 2014.
  5. Tutorial penggunaan aplikasi pelatihan dapat dilihat pada beranda http://simlitabmas.dikti.go.id/pelatihan.
  6. Kepastian peserta pelatihan yang akan diundang serta lokasi pelaksanaan pelatihan akan diberitahukan kemudian.

Perlu kami sampaikan bahwa peserta pelatihan tidak dipungut biaya, Panitia akan menanggung biaya akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung. Bagi peserta yang berasal dari luar kota, panitia akan menanggung biaya perjalanan udara (PP) dengan tiket kelas ekonomi termurah atau perjalanan darat. Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Unduh File:
SURAT PELATIHAN MUTU DOSEN

Undangan Kegiatan Sosialisasi Peraturan Keuangan dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Sehubungan dengan kegiatan Sosialisasi Peraturan Keuangan danPelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro, dengan ini kami mohon kehadiran Saudara (daftar terlampir), besok pada :
hari / tanggal  : Senin, 26 Mei 2014
waktu             : 08.00 – 13.00 WIB.
tempat           : Ruang Seminar LPPM Gedung Widya Puraya Lantai 1
Atas perhatian dan kehadiran Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Unduh : Daftar Peserta Sosialisasi Keuangan

Materi Sosialisasi :
Panduan Penyusunan SPJ Penelitian dan Pengabdian Tahun 2014 (Revisi_26052014)
PMK 72 Tahun 2013 dan PERDIRJEN PB 22 Tahun 2013
Penyusunan LPJ Penelitian dan Pengabdian yang Akuntabel

Undangan Peserta Seminar Hasil Penelitian Program Kompetitif Nasional di Yogyakarta

Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa para pelaksana Penelitian Unggulan Strategis Nasional, Penelitian MP3EI, Penelitian RAPID, Penelitian Strategis Nasional, Hibah Kompetensi, Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional dan Penelitian Pengembangan IPTEK (Penelitian Program Kompetitif Nasional tahun 2013) yang telah selesai melaksanakan penelitiannya wajib mempresentasikan hasil akhir penelitiannya sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut kami mengundang para peneliti dimaksud pada Seminar Hasil Penelitian Tahun 2014 yang akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal  : Jum’at, 30 Mei  2014 (chek-in  mulai pukul 12.00 WIB) s.d. Sabtu,  31 Mei 2014  (check out  mulai pukul 12.00 WIB)
Tempat          : Hotel Horison Ultima Riss
Jl.  Gowongan Kidul No. 41 Yogyakarta  55271

Pembukaan : Jum’at, 30 Mei 2014, mulai pukul 14.00 WIB

Kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi kepada nama-nama terlampir sebagai peserta seminar dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bersedia sepenuhnya mengikuti kegiatan seminar.
  2. Bagi peneliti yang belum menyampaikan artikel ilmiah dan capaian hasil penelitian ke Dit.Litabmas, agar segera mengunggah ke SIM-LITABMAS.
  3. Membawa bahan presentasi dalam bentuk softcopy (dalam flash disk atau cd).
  4. Membawa produk bila memungkinkan (ukuran tidak terlalu besar) dan bukti-bukti luaran serta poster hasil penelitian dengan ukuran 70 cm x tinggi 70 cm sesuai ukuran media (ultra light) yang disediakan.

Perlu kami informasikan bahwa Panitia tidak menanggung biaya perjalanan pulang-pergi peserta, konsumsi disediakan bagi 1 (satu) orang peserta selama kegiatan berlangsung, sedangkan akomodasi hanya disediakan bagi peserta diluar wilayah Yogyakarta. Peserta Seminar yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas akan menjadi bahan evaluasi dalam memberikan hibah kepada yang bersangkutan pada masa yang akan datang. Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.

Unduh File:
Surat Undangan
Lampiran

Pengumuman Pembagian Lokasi KKN UNDIP Tim II TA 2013/2014

Diberitahukan kepada mahasiswa Undip yang sudah mendaftar Program KKN UNDIP Tim II Tahun Akademik 2013/2014 bahwa pembagian penempatan lokasi KKN dapat diunduh dibawah ini :

I. KABUPATEN MAGELANG :
1. KEC. SALAM
2. KEC. SRUMBUNG
3. KEC. SAWANGAN
4. KEC. BOROBUDUR
5. KEC. MUNGKID
IV. KABUPATEN JEPARA :
1. KEC. PAKISAJI
2. KEC. PECANGAAN
3. KEC. MLONGGO
4. KEC. TAHUNAN
5. KEC. KALINYAMATAN
II. TEMANGGUNG I :
1. KEC. KLEDUNG
2. KEC. PARAKAN
3. KEC. NGADIREJO
4. KEC. CANDIROTO
5. KEC. BANSARI
V. KABUPATEN PATI :
1. KEC. DUKUHSETI
2. KEC. TAYU
3. KEC. MARGOYOSO
4. KEC. BATANGAN
5. KEC. WEDARIJAKSA
III. TEMANGGUNG II :
1. KEC. SELOPAMPANG
2. KEC. TELOGOMULYO
3. KEC. TEMBARAK
4. KEC. KEDU
5. KEC. BULU
 

Jadwal dan tempat pembekalan KKN Universitas yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Juni 2014 akan diumumkan menyusul.

Tawaran Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran (Risbin Iptekdok)

Dengan ini diberitahukan kepada peneliti dilingkungan Undip bahwa Kementerian Kesehatan RI menawarkan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran (Risbin Iptekdok) yang merupakan salah satu program Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes), Kementerian Kesehatan. Risbin Iptekdok ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah di bidang Iptekdok di Indonesia. Program tersebut dilakukan dalam rangka membina para peneliti muda untuk melaksanakan penelitian mulai dari menyusun proposal sampai dengan publikasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etik.
Informasi lebih lengkap dapat dilihat di laman : http://www.litbang.depkes.go.id/risbiniptekdok

Panduan program dapat diunduh disini : Panduan Risbin Iptekdok 2015 (515 kB)