Berita LPPM

Pelaksanaan Evaluasi Pembahasan Proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) TA 2018

Berdasarkan hasil desk evaluasi yang telah dilakukan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan mengadakan Evaluasi Pembahasan Proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) pendanaan tahun anggaran 2018, yang akan dilaksanakan pada :

  • Hari/tanggal : Senin, 25 September 2017
  • jam               : 08.00 WIB – selesai
  • tempat          : Ruang LPPM UNDIP, Gedung ICT Centre Lantai 4

Sehubungan hal tersebut, kepada dosen/peneliti yang lolos desk evaluasi (daftar terlampir) untuk mengikuti acara tersebut. Kami mohon Saudara untuk menyiapkan bahan presentasi dan wajib hadir untuk paparan atau mempresentasikan proposal PUPT di depan Tim Review. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Daftar Peserta yang diundang untuk Evaluasi Paparan PUPT

Pengumuman Program Pembiayaan Keikutsertaan Seminar Internasional dengan Output Prosidng Terindeks Scopus

Diberitahukan dengan hormat kepada pendaftar Program Pembiayaan Keikutsertaan Seminar Internasional dengan Output Prosidng Terindeks Scopus (Program WCU Tahun 2017) bahwa berdasarkan seleksi lanjutan, terlampir disampaikan daftar penerima program tersebut.

Kami informasikan juga bahwa indikator yang digunakan dalam seleksi adalah potensi/informasi publikasi dalam prosiding/jurnal terindeks Scopus. Bagi usulan yang belum dibiayai dapat diajukan kembali dengan melampirkan informasi bahwa artikel yang dipresentasikan akan/diterima pada prosiding/jurnal terindeks Scopus. Pendaftaran program lanjutan ini akan diumumkan menyusul.

Bagi yang diterima program ini harap segera mengumpulkan bukti pembayaran asli dan mengumpulkan surat pernyataan (contoh terlampir) serta fotocopy rekening untuk proses administrasi. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Lampiran :

  1. Daftar Penerima Program Keikutsertaan Seminar Internasional
  2. Contoh Surat Penyataan

Pengumuman Penerima Program Pembiayaan Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Berbayar Tahun 2017

Diberitahukan dengan hormat kepada pendaftar program pembiayaan Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Berbayar (Program WCU Tahun 2017) bahwa hasil seleksi program tersebut dapat dilihat pada lampiran dibawah ini. Bagi penerima program diwajibkan untuk mengumpulkan Surat Pernyataan Asli dan Kuitansi/bukti pembayaran/transfer Asli (bagi yang belum mengumpulkan) serta fotocopy rekening ke LPPM Undip paling lambat tanggal 20 September 2017 untuk proses pencairan dana ke pusat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.

Lampiran :  Daftar Penerima Program Pembiayaan Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi Berbayar

Jadwal Monev Internal Penelitian Sumber Dana DRPM Kemenristekdikti Tahun 2017

Berdasarkan surat dari DRPM Kemenristekdikti Nomor: 3455/E3.2/LT/2017, Tanggal: 31 Agustus 2017 perihal Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Penelitian DRPM Tahun 2017, bersama ini kami informasikan bahwa DRPM Kemenristekdikti mengharapkan perguruan tinggi melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Internal terhadap pelaksanaan penelitian Program Riset Dasar, Riset Terapan, dan Peningkatan Kapasitas Riset tahun 2017.

Berkenaan dengan hal tersebut, LPPM Undip akan mengadakan Monev Internal Penelitian Sumber dana DRPM Kemenristekdikti dengan jadwal sebagai berikut:

  • Hari/tanggal : Jumat, 22 September 2017
  • Jam              : 08.00 WIB – selesai
  • Tempat         : Ruang LPPM UNDIP Gedung ICT Centre Lantai 4

Sehubungan hal tersebut di atas, kepada pelaksana penelitian untuk mempersiapkan sebagai berikut;

  1. Menggunggah rancangan pelaksanaan penelitian di SIMLITABMAS sesuai template yang tersedia, paling lambat tanggal 15 September (bagi yang belum mengunggah).
  2. Mengunggah laporan kemajuan dan catatan harian hasil penelitian paling lambat tanggal15 September 2017.
  3. Mempersiapkan bahan paparan/presentasi pelaksanaan penelitian berikut kelengkapannya (foto, produk, artikel, laporan kemajuan pelaksanaan penelitian) dan diwajibkan hadir pada acara Monev Internal.

Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan kasih.

Lampiran : Daftar Peserta Monev Internal Penelitian 2017

Pemberitahuan Kegiatan FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XX

Diberitahukan bahwa kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XX Untuk Dosen/Peneliti/Mahasiswa Universitas Diponegoro Tahun 2017 yang semula akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 September 2017 dibatalkan, mengingat jumlah peserta masih dibawah kuota. Selanjutnya bagi peserta yang sudah mendaftar akan kami ikut sertakan seleksi pada periode berikutnya tanggal 12-14 Oktober 2017. Demikian atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Tawaran Program Postdoctoral/Sabbatical

Untuk meningkatkan kinerja dalam publikasi dan reputasi akademik, Universitas Diponegoro memberikan kesempatan bagi dosen untuk melakukan postdoctoral/sabbatical ke universitas di luar negeri. Bagi dosen yang berminat dapat mengajukan pendaftaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan kegiatan pada bulan Oktober s.d. November 2017 dengan lama kegiatan minimal 1 bulan;
  2. Luaran kegiatan berupa publikasi pada jurnal internasional bereputasi dengan SJR ≥1;
  3. Membentuk jejaring kerjasama Undip dengan perguruan tinggi tempat postdoctoral/Sabbatical dan perguruan tinggi/institusi lain disekitarnya;
  4. Membuat RAB yang meliputi biaya transportasi, biaya hidup, dll yang relevan;
  5. Membuat deskripsi rencana kegiatan secara singkat (1-2 halaman);
  6.  Melampirkan bukti kesediaan perguruan tinggi mitra/tujuan.
  7. Pendaftaran dapat dilakukan melalui email ke warek4@undip.ac.id dengan tembusan ke lppm@live.undip.ac.id paling lambat tanggal 30 September 2017.

Demikian atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Penerimaan Proposal Baru Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sumberdana PNBP Undip TA 2017

Diberitahukan dengan hormat kepada seluruh dosen di lingkungan Universitas Diponegoro bahwa LPPM Undip membuka pengusulan penelitian baru (pendanaan tahun 2017/2018, 10 bulan) dan pengabdian kepada masyarakat (pendanaan tahun 2017, 3-4 bulan). Adapun skema penelitian yang ditawarkan pada periode ini adalah Riset untuk Publikasi Internasional (RPI) dan Riset Unggulan Undip (RUU), sedangkan untuk pengabdian kepada masyarakat skema yang ditawarkan adalah PKUM dan UFST2D.

Sebagai acuan penyusunan proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sumber dana PNBP UNDIP Tahun Anggaran 2017 yaitu Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro Edisi IV Tahun 2017 yang dapat diunduh pada lampiran dibawah ini. Perlu disampaikan bahwa pengusulan proposal dilakukan melalui SIP3MU Undip (http://sip3mu.lppm.undip.ac.id) dan Lembar Pengesahan serta Curriculum Vitae/CV wajib dicetak dari SIP3MU. Sedangkan jadwal pengajuan proposal dan seleksi adalah sebagai berikut:

  • Pengajuan proposal sampai tanggal 17 September 2017  jam 23.39 WIB;
  • Seleksi dilaksanakan pada tanggal 19 s.d. 25 September 2017;
  • Pengumuman proposal yang diterima tanggal 25 September 2017;
  • Penandatanganan kontrak 27 September 2017.

Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Undip Edisi IV Tahun 2017

Undangan Mengikuti FGD/Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Tahun 2017

Bersama ini kami mengundang Para Peserta kegiatan Focus Group Discussion (FGD)/Klinik  Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Tahun 2017, yang diselenggarakan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro, yang diselenggarakan pada:

  • Hari/Tanggal  :   Kamis-Sabtu / 7-9 September 2017
  • Pembukaan   :   7 September 2017 jam 13.30 WIB, dilanjutkan pelaksanaan kegiatan
  • Tempat           :  Grand Candi Hotel Semarang Jl. Sisingamangaraja No. 16, Semarang

Perlu kami informasikan bahwa panitia hanya menyediakan akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung dan tidak menanggung biaya transportasi peserta. Selain itu, peserta tidak diperkenankan membawa keluarga atau teman selama kegiatan berlangsung.

Adapun peserta diwajibkan membawa laptop, modem dan artikel 1 (satu) eksemplar pada saat pelaksanaan kegiatan dan hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran :     1. Daftar Peserta           |        2.  Jadwal Kegiatan

Pelaksanaan Monev Internal Penelitian Sumber Dana DRPM Kemenristekdikti Tahun 2017

Menindaklanjuti surat dari DRPM Kemenristekdikti nomor: Nomor: 3455/E3.2/LT/2017, Tanggal: 31 Agustus 2017 perihal Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Penelitian DRPM Tahun 2017, bersama ini kami informasikan bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengharapkan perguruan tinggi untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Internal terhadap pelaksanaan penelitian Program Riset Dasar, Riset Terapan, dan Peningkatan Kapasitas Riset tahun 2017.

Berkenaan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan hal-hal yang perlu mendapat perhatian bagi para peneliti sebagai berikut :

  1. Menggunggah rancangan pelaksanaan penelitian di SIMLITABMAS sesuai template yang tersedia, paling lambat tanggal 15 September (bagi yang belum mengunggah).
  2. Mengunggah laporan kemajuan dan catatan harian hasil penelitian paling lambat tanggal 15 September 2017.
  3. Mempersiapkan bahan paparan atau presentasi pelaksanaan penelitian berikut kelengkapannya (foto, produk, artikel, laporan kemajuan pelaksanaan penelitian) dan diwajibkan hadir pada acara Monev Internal.
  4. Adapun jadwal pelaksanaan Monev Internal akan disampaikan lebih lanjut melalui website LPPM Undip. (Perkiraan waktu antara tanggal 15 sampai dengan 25 September 2017)

Demikian untuk diketahui dan ditindak lanjuti sesuai dengan tahapan yang diperlukan dalam penelitian. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.