Berita LPPM

Menu Layanan “PENGADUAN ATAU PESAN” dalam Program Simlitabmas DITJEN DIKTI

Bersama ini kami informasikan kepada para peneliti/pelaksana pengabdian berkaitan dengan peluncuran menu baru dalam program SIMLITABMAS Ditjen Dikti yaitu Menu “Layanan Pengaduan/Pesan” yang bisa diakses oleh dosen peneliti, operator PT, maupun mahasiswa.

Menu “Layanan Pengaduan/Pesan” bisa diakses dosen peneliti, operator PT, maupun mahasiswa setelah login dengan username dan password masing-masing (sejajar dengan menu beranda). Tujuan menu baru Layanan Pengaduan/Pesan” yang diluncurkan oleh Ditjen Dikti yaitu pengguna program SIMLITABMAS (dosen peneliti, operator PT, mahasiswa) langsung dapat menyampaikan pertanyaan atau keluhan baik seputar program simlitabmas maupun program hibah Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti. Atas perhatian kami sampaikan terima kasih.

Lampiran : Panduan Menu Layanan Pengaduan Simlitabmas

Pengunggahan Laporan Kemajuan, Catatan Harian Dan Laporan Penggunaan Anggaran 70% Penelitian Desentralisasi Sumber Dana BOPTN, Kompetitif Nasional dan Pengabdian kepada Masyarakat TA 2014

Berdasarkan Surat dari Ditlitabmas Ditjen Dikti untuk pengunggahan Laporan Kemajuan, Catatan Harian dan Laporan Penggunaan Anggaran 70% paling lambat 30 Juni 2014, dengan ini kami informasikan kepada para peneliti Penelitian Desentralisasi Sumber Dana BOPTN, Kompetitif Nasional dan pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2014 di lingkungan Universitas Diponegoro,untuk segera menggunggah ke SIMLITABMAS ;
1. Laporan Kemajuan
2. Pengisian Catatan Harian
3. Laporan Penggunaan Anggaran 70%
Selain itu kami informasikan bahwa untuk menghindari kepadatan lalu lintas jaringan internet SIMLITABMAS, kami mohon peneliti maupun pelaksana pengabdian dapat menggunggah Laporan tersebut diatas, sebelum tanggal 30 Juni 2014.
Adapun untuk keperluan Monev Internal, kami beritahukan kepada para peneliti maupun pelaksana pengabdian untuk segera mengumpulkan berkas Laporan Kemajuan dan Buku Catatan Harian ke LPPM Undip sejumlah 2 (dua) eksemplar sebelum tanggal 7 Juli 2014. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran :

  1. Petunjuk Pengisian Rekapitulasi Penggunaan Dana ke Simlitabmas
  2. Panduan Pengisian Pelaksanaan Penelitian ke Program Simlitabmas
  3. Contoh Rekap Penggunaan Dana Penelitian

Undangan Pemaparan Usulan Penelitian Desentralisasi Sumber Dana BOPTN Tahun Anggaran 2015

Berdasarkan Hasil Review (Desk Evaluasi) yang dilakukan oleh LPPM UNDIP untuk Penelitian Desentralisasi Sumber Dana BOPTN Usulan Tahun 2014 untuk Pelaksanaan Tahun 2015. Berikut kami sampaikan dosen/ peneliti yang dinyatakan lolos untuk mengikuti Evaluasi Pemaparan Usulan Penelitian yang akan diselenggarakan pada:
Hari/tanggal   : Kamis, 26 Juni 2014
Waktu              : 08.30 – selesai
Tempat            : LPPM UNDIP, Gedung Widya Puraya Lantai 1, Tembalang Semarang
Adapun yang perlu disiapkan yaitu :

  1. Menyiapkan bahan untuk presentasi.
  2. Apabila ketua peneliti tidak dapat melakukan presentasi pada waktu yang telah ditetapkan panitia, maka yang bersangkutan diwajibkan membuat surat kuasa kepada anggotanya dengan diketahui Ketua LPPM UNDIP diatas materai Rp. 6000,-. Anggota yang mewakili secara otomatis menjadi ketua peneliti.
  3. Proposal yang tidak dipresentasikan dinyatakan gugur tidak lolos seleksi.

Lampiran : Daftar Peneliti yang Diundang

Pencairan Dana Penelitian dan Pengabdian 2014

Diberitahukan kepada ketua peneliti/pengabdi di lingkungan UNDIP untuk Skim Penelitian Desentralisasi, Penelitian BOPTN, Penelitian Kompetitif Nasional, dan Program Pengabdian kepada Masyarakat (IbPE, IbIKK, IbW) dimohon untuk hadir di LPPM Undip Bagian Keuangan mulai tanggal 19 Juni 2014 guna pencairan dana penelitian tahap I dengan membawa persyaratan (bagi yg belum) sebagai berikut :
1. Fotocopy NPWP ketua peneliti/pengabdi
2. Membawa Materai @ Rp. 6000,- sebanyak 1 (satu) lembar
3. Fotocopy Rekening Bank Mandiri atas nama ketua peneliti

Pengumuman KKN PPM Pengelolaan Wanamina Berkelanjutan di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Dengan ini diberitahukan kepada mahasiswa program S1 Universitas Diponegoro, bahwa akan dilaksanakan program KKN PPM tahun 2014 dengan tema “Pengelolaan Wanamina Berkelanjutan Melalui Pemanfaatan Hasil Laut serta Ekosistem Mangrove Berbasis Ekologi di Kecamatan Sayung, Demak”. Kami membuka pendaftaran peserta KKN-PPM diutamakan dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Sains dan Matematika (jurusan Biologi) di lingkungan Universitas Diponegoro. Pendaftaran dilaksanakan pada :
–  Hari/ Tanggal  : Kamis, 19 juni 2014 sampai dengan Selasa, 15 Juli 2014
–  Tempat             : FEB dan FPIK
Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi :
1. Edy Yusuf Agung Gunanto, Ph.D. (FEB)
2. Darwanto, S.E., M.Si. (FEB)                           No. HP : 081225225390
3. Ir. Edi Wibowo Kushartono, M.Pi. (FPIK)   No. HP : 081325560293
4. Rizka R.  (Pengumpulan Berkas Pendaftaran- FEB)  No. HP : 085727694346
Persyaratan KKN-PPM ini adalah :

  1. Diutamakan untuk Mahasiswa Bidik Misi
  2. Telah menempuh 110 SKS ( Untuk mahasiswa S1 reguler )
  3. Mengisi biodata yang telah disediakan panitia (form terlampir)
  4. Menyerahkan bukti KHS yang telah ditandatangani dosen wali
  5. Menyerahkan surat rekomendasi dari pembantu Dekan I dari fakultas mahasiswa yang bersangkutan
  6. Mata kuliah KKN tidak harus tercantum di SIA

Nilai KKN-PPM ini setara dengan nilai KKN regular.
Unduh : 1. Form Biodata KKN PPM_2014    |  2.  Contoh Surat Rekomendasi KKN PPM_2014

REVISI JADWAL PEMBEKALAN KKN UNIVERSITAS DAN PERUBAHAN LOKASI KKN TIM II TAHUN 2014

Diberitahukan kepada mahasiswa Peserta KKN Tim II Tahun Akademik 2013/2014, bahwa berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Bappeda Kabupaten Temanggung dan Camat di Kabupaten Temanggung pada tanggal 12 Juni 2014, beberapa lokasi KKN di Kabupaten Temanggung mengalami perubahan sebagai berikut :
1. Kecamatan Bansari dipindah ke Kecamatan Pringsurat
2. Kecamatan Kledung dipindah ke Kecamatan Gemawang
3. Kecamatan Parakan dipindah ke Kecamatan Bejen (semula di Kec. Kranggan)
4. Kecamatan Ngadirejo dipindah ke Kecamatan Kaloran
5. Kecamatan Telogomulyo dipindah ke Kecamatan Kandangan.

Adapun jadwal pembekalan tingkat universitas yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Juni 2014 dapat diunduh pada lampiran berikut :
Jadwal Pembekalan KKN Tim II Tahun 2014
– Lokasi Pembekalan dan Daftar Dosen KKN Tim II Tahun 2014  (Revisi)

Workshop dan Klinik Manuscript Publikasi Jurnal Internasional Gelombang I dan Gelombang II:

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan klinik manuscript yang dilakukan oleh BAPSI Undip Tahun 2013, dengan ini diberitahukan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Diponegoro mengundang peserta terlampir untuk mengikuti kegiatan Workshop dan Klinik Manuscript Publikasi Internasional Gelombang I yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Selasa, 24 Juni 2014
Jam                 : 08.00 s/d 15.30 WIB
Agenda           : Finalisasi manuscript dan submit
Tempat           : Ruang Seminar LPPM Kampus Undip, Tembalang Semarang

Unduh : 1. Daftar Peserta Klinik Manuskrip Gelombang I  2. Form Kesediaan dan Jadwal Gelombang I

Adapun kegiatan Workshop dan Klinik Manuscript Publikasi Internasional Gelombang II akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Jumat – Minggu, 22-24 Agustus 2014
Tempat           : Hotel Grand Wahid Salatiga
Bagi dosen/peneliti Undip yang berminat dapat mendaftar sebagai peserta melalui fakultas masing-masing.
Unduh :  Form Pendaftaran dan Jadwal Gelombang II

Undangan Peserta Seminar Usulan Penelitian Hibah Kompetensi tahun 2014 di Yogyakarta

Sebagai tindak lanjut hasil Desk Evaluasi Proposal Baru Penelitian Hibah Kompetensi tahun 2014, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, akan melaksanakan “Seminar Usulan Penelitian Hibah Kompetensi tahun 2014” yang akan diselenggarakan pada:
Hari / tanggal  : Rabu, 25 Juni  2014 (check-in  pukul 12.00 WIB)
                              s.d. Kamis, 26 Juni  2014  (check-out  pukul 12.00 WIB)
Tempat              : Hotel Ultima Riss Horison Yogyakarta Jl. Gowongan Kidul No. 33 – 49 Yogyakarta
Pembukaan     : Rabu,  25 Juni 2014, pukul 13.00 WIB
Sehubungan dengan itu, kepada nama-nama terlampir sebagai  peserta agar memperhatikan ketentuan sebagai berikut.

  1. Ketua Peneliti diwajibkan hadir. Apabila tidak hadir dinyatakan gugur.
  2. Membawa bahan presentasi dalam bentuk softcopy (dalam flash disk).
  3. Membawa Proposal penelitian sebanyak 1(satu) eksemplar (setelah selesai dibawa pulang oleh ybs).
  4. Membawa Surat Tugas dari Perguruan Tinggi peserta untuk diserahkan kepada Panitia (sebagai pengganti SPPD).
  5. Panitia menanggung biaya perjalanan peserta sesuai Bukti Tiket Asli Pulang Pergi (harus pp) dengan boarding pass  sesuai tanggal kegiatan dan ketentuan yang berlaku (dengan ticket kelas ekonomi termurah), peserta dari Jawa  menggunakan transportasi darat.
  6. Apabila peserta tidak menyerahkan bukti ticket pulang pergi, maka panitia hanya akan mengganti ticket satu kali jalan, selebihnya akan diganti darat.

Panitia juga menyediakan konsumsi bagi 1 (satu) orang peserta, sedangkankan akomodasi hanya disediakan bagi peserta diluar wilayah Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Solo dan Salatiga untuk 1(satu) orang dan tidak diperkenankan membawa anggota peneliti atau keluarga selama kegiatan berlangsung. Atas perhatian dan kehadiran saudara, kami sampaikan terima kasih.

Unduh File:
Surat Undangan Peserta Seminar Usulan Penelitian Hibah Kompetensi tahun 2014 di Yogyakarta
Lampiran Daftar Peserta

Undangan Peserta Seminar Usulan Penelitian MP3EI tahun 2014 di Bogor

Sebagai tindak lanjut hasil Desk Evaluasi Proposal Baru Penelitian Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indoenesia (MP3EI) tahun 2014, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, akan melaksanakan “Seminar Usulan Penelitian MP3EI tahun 2014”  yang akan diselenggarakan pada:
Hari / tanggal   : Senin, 23 Juni  2014 (check-in  pukul 12.00 WIB)
                               s.d. Selasa, 24 Juni  2014  (check-out  pukul 12.00 WIB)
Tempat              : Hotel Permata, Jl. Pajajaran Raya No. 35 Bogor, Telp. (0251) 318007
Pembukaan      : Senin, 23 Juni 2014, pukul 13.00 WIB

Sehubungan dengan itu, kepada nama-nama peserta terlampir untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Ketua Peneliti diwajibkan hadir.
  2. Apabila diwakilkan oleh anggotanya maka harus ada surat kuasa dari Ketua Peneliti kepada anggotanya, dan diketahui oleh Ketua Lembaga Penelitian.
  3. Membawa bahan presentasi dalam bentuk softcopy (dalam flash disk).
  4. Membawa Proposal penelitian sebanyak 1(satu) eksemplar (setelah selesai dibawa pulang oleh ybs).
  5. Membawa Surat Tugas dari Perguruan Tinggi peserta untuk diserahkan kepada Panitia (sebagai pengganti SPPD).
  6. Panitia menanggung biaya perjalanan peserta sesuai Bukti Tiket Asli Pulang Pergi (harus pp) dengan boarding pass  sesuai tanggal kegiatan dan ketentuan yang berlaku (dengan ticket kelas ekonomi termurah), peserta dari Jawa dan Lampung menggunakan transportasi darat.
  7. Apabila peserta tidak menyerahkan bukti ticket pulang pergi, maka panitia hanya akan mengganti ticket satu kali jalan, selebihnya akan diganti darat.

Panitia juga menyediakan konsumsi bagi 1 (satu) orang peserta, sedangkankan akomodasi hanya disediakan bagi peserta diluar wilayah Bogor, Bandung, Banten dan Jakarta untuk 1 (satu) orang dan tidak diperkenankan membawa anggota peneliti atau keluarga selama kegiatan berlangsung. Atas perhatian dan kehadiran saudara, kami sampaikan terima kasih.

Unduh File:
Surat Undangan Peserta Seminar Usulan Penelitian MP3EI tahun 2014
Lampiran Daftar Peserta Seminar Usulan Penelitian MP3EI 2014