(024) 7460032 - (024) 7460039 lppm@live.undip.ac.id

SEMARANG, INDONESIA

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Diponegoro

Pengumuman

Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dibiayai Selain APBN Undip Tahun 2021

Dengan ini kami beritahukan kepada peneliti/pelaksana pengabdian bahwa berdasarkan Surat Pelaksanaan Penugasan Kegiatan (SPK) Riset dan/atau Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2021 pasal 5 ayat (1) disebutkan: PIHAK PERTAMA berhak melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap pelaksanaan riset/pengabdian yang dilakukan PIHAK KEDUA”. Sebagai perwujudan pasal tersebut, maka LPPM Undip akan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) secara daring yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 September 2021. Sehubungan dengan hal tersebut, para ketua riset/pelaksana pengabdian diwajibkan untuk menyampaikan laporan sebagai berikut:

  • Mengunggah Laporan Kemajuan pada aplikasi SIP3MU;
  • Mengunggah Catatan Harian Riset dan/ Pengabdian kepada Masyarakat pada aplikasi SIP3MU;
  • Menyerahkan Laporan Penggunaan Dana Riset Tahap pertama sebesar 70%, minimal dalam bentuk draft ke LPPM Undip.

batas unggah pala aplikasi SIP3MU paling lambat tanggal 20 September 2021, pukul 10.00 WIB untuk kami proses lebih lanjut.

Kami informasikan pula, jika Pemonev memerlukan keterangan dan data yang lebih lengkap mengenai capaian riset dan/atau pengabdian, maka ketua riset/pelaksana pengabdian wajib menjelaskan kepada Pemonev dengan metode yang akan diinformasikan lebih lanjut. Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Lampiran : Surat Monev Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Selain APBN Undip Tahun 2021

The 1st International Conference on Applied Science And Technology For Community Service (ICASTCS)

Diberitahukan bahwa LPPM Undip akan menyelenggarakan The 1st International Conference on Applied Science And Technology For Community Service (ICASTCS) yaitu seminar internasional pertama tentang sains dan teknologi terapan untuk pengabdian kepada masyarakat) dengan tema “Establishing connection between science, technology, and society to encourage a better future in the post-pandemic era“. Kami membuka kesempatan kepada seluruh peneliti maupun pelaksana pengabdian di lingkungan Undip untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Adapun topik yang dapat dipilih sebagai berikut:

      1. Pengentasan kemiskinan
      2. Ketahanan dan kedaulatan pangan
      3. Sanitasi, kesehatan, dan kesejahteraan
      4. Pendidikan berkualitas dan kesetaraan gender
      5. Inovasi teknologi/Teknologi tepat guna untuk industri kecil
      6. Go green material dan energi
      7. Pelestarian lingkungan
      8. Pemberdayaan berkelanjutan, warga, dan masyarakat
      9. Pengelolaan dan produksi budi daya perairan
      10. Keadilan sosial
  • Tenggat waktu pengiriman abstrak: 11 Oktober 2021
  • Tenggat waktu pengiriman full paper: 25 Oktober 2021
  • Pelaksanaan seminar internasional: Selasa, 9 November 2021 melalui media Zoom Meeting

Catatan:

  1. Makalah yang dipresentasikan, setelah melalui tahap review akan diterbitkan dalam prosiding terindeks Scopus;
  2. Beberapa artikel dengan standar kualitas kelayakan tertentu berkesempatan untuk publikasi di ASEAN Journal of Community Engagement (AJCE). AJCE merupakan jurnal internasional tentang pengabdian masyarakat terindeks Scopus yang terbit 2 kali dalam setahun;
  3. Akan ada arahan singkat untuk tips dan trik bagaimana mempersiapkan makalah yang sesuai dengan standar Scopus;
  4. Seminar kit (hanya tersedia untuk peserta yang berdomisili di Indonesia).

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada laman https://icastcs.lppm.undip.ac.id/

Narahubung: 1. drh. Siti Susanti, Ph.D. (+62 821-7145-8795), 2. Satriyo Adhi, S.Si, M.T. (+62 896 9912 0338), 3. Amni Zarkasyi Rahman, S.AP., M.Si. (+62 856 2625 510)

Pendaftaran Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLVI tahun 2021

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset melalui peningkatan jumlah publikasi pada jurnal Internasional bereputasi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan mengadakan kegiatan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLVI Tahun 2021 pada: 

  • Hari/tanggal   : Kamis, 21 Oktober 2021
  • Media              : Zoom Meeting

Persyaratan Peserta:

  1. Civitas Academica di lingkungan Universitas Diponegoro;
  2. Mengisi form pendaftaran/Pakta Integritas peserta dan mengunggah draft manuskrip (bahasa Inggris) melalui Aplikasi Klinik Manuskrip: manuskrip-lppm.undip.ac.id
  3. Pendaftaran mulai 10 September 2021 sampai dengan 12 Oktober 2021.
  4. Setiap peserta wajib memenuhi capaian dengan status minimal submit pada jurnal.
  5. Jika ada kendala dalam pendaftaran dapat menghubungi Sdr. Sariyanto (HP. 0856 4023 7709) dan Sdri. Hanjar Setyowati, S.Kom. (HP. 0857 3555 9475).

Hasil seleksi peserta, jadwal kegiatan, ID dan Password Zoom Meeting akan diumumkan melalui laman LPPM Undip dan Aplikasi Klinik Manuskrip dua hari sebelum pelaksanaan. Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

Survey Kepuasan Proses Pengawasan BAPETEN Tahun 2021

LPPM Undip bekerja sama dengan Badan Pengawasan Tenaga Nuklir akan melaksanakan Survey Kepuasan Proses Pengawasan BAPETEN terkait Perizinan, Inspeksi dan Peraturan pada Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (FRZR) dan Instalasi Bahan Nuklir (IBN) Tahun 2021 pada tanggal 13 September 2021 sampai dengan 13 Oktober 2021 dan dilaksanakan di 34 provinsi secara daring/online.
Kegiatan Survey ini bertujuan untuk (1). Mendapatkan data tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja unit kerja peraturan dan perizinan bidang FRZR dan IBN; (2). Mendapatkan data untuk perbaikan sistem perizinan, peraturan dan inspeksi; (3). Mendapatkan sebaran tingkat kepuasan dan data perbaikan dari pihak pengguna; dan 4). Mendapatkan masukan terhadap butir-butir mutu pelayanan yang harus ditingkatkan sesuai dengan harapan pengguna. Atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih.

  1. Kuesioner Survey Kepuasan terhadap Kinerja BAPETEN terkait Perizinan, Peraturan dan Inspeksi pada Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (FRZR)
  2. Kuesioner Survey Kepuasan terhadap Kinerja BAPETEN terkait Perizinan, Peraturan dan Inspeksi pada Instalasi Bahan Nuklir (IBN)

Info terbaru dari Bapeten dapat dilihat di www.bapeten.go.id   |   Profil BAPETEN  |  Profil Direktorat Perizinan FRZR

Pendaftaran KKN Tematik “Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Produksi Garam Industri Di Kabupaten Pati”

PERSYARATAN:

  1. Mahasiswa S1 UNDIP (min. semester V) : Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknologi Pangan, Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, TRKI Vokasi, Gizi, Kimia FSM, FEB Manajemen, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Hasil Perikanan dan Kelautan, Teknik Perkapalan, Teknik Informatika dan Sistem Informatika;
  2. Mahasiswa S1 UDINUS (min. semester V): Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika.

PENDAFTARAN:

  1. CV lengkap dilengkapi dengan Pas Foto 3×4 formal;
  2. KRS dan KHS semester terakhir yang ditandatangani dosen wali (Minimum SKS ≥ 100);
  3. Surat pernyataan bersedia tinggal di lokasi KKN dan disetujui orang tua (tanpa meterai);
  4. Essay sesuai dengan disiplin ilmu mahasiswa di bidang kompetensi yang dibutuhkan (Maks 1 halaman A4).

Semua berkas pendaftaran dibuat dalam bentuk Softfile dengan format PDF atau MS Word (format nama file: KKN-GNRM-NIM), berkas dapat dikirim ke alamat email: widayat@live.undip.ac.id

KEGIATAN KKN TEMATIK: Produksi Garam Rakyat, Produksi Garam Industri, Internet of Thing, Teknologi Surya bagi UMKM, Teknologi Pemasaran, Teknologi pengolahan pangan, Teknologi pengemasan, Perizinan dan pemasaran.

JADWAL PELAKSANAAN:

  • 📝 Pendaftaran              : 01-20 September 2021
  • 📜 Pengumuman           : 20 September 2021
  • 📦 Pembekalan              : 20-30 September 2021
  • 🚌 Pemberangkatan     : 5 Oktober 2021
  • 🚍 Pemulangan              : 8 November 2021

📞 CP: UNDIP Hesti Rahayu, S.Si .(HP: 082325662020); UDINUS: Nur Arifah Hidayati, ST., MT. (HP: 082171497525)

Undangan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLV Tahun 2021

Dengan ini kami mengundang peserta yang lolos seleksi kegiatan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLV Tahun 2021 (daftar terlampir) untuk mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada:

  • Hari/Tanggal  : Senin, 6 September 2021
  • Pembukaan    : Pukul 08.30 – 12.00 WIB ( dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan)
  • Media              : Zoom Cloud Meeting
  • Narasumber   : Prof. Dr. Zinatul Ashiqin Zainol dan Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T.

Kepada peserta harap mengisi Pakta Integritas sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan ini dengan cara login pada Aplikasi Klinik Manuskrip. ID Meeting dan Password Zoom dapat dilihat pada Aplikasi Klinik Manuskrip melalui Menu Pendaftaran (Info Kegiatan). Mohon sekiranya Bapak/Ibu peserta dapat mengikuti kegiatan tepat waktu. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Pengumuman Penerima Program Pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional Tahun 2021

Diberitahukan dengan hormat kepada pendaftar program pembiayaan pengindeksan prosiding seminar internasional tahun 2021, bahwa hasil seleksi program tersebut dapat dilihat pada lampiran dibawah ini. Bagi usulan yang diterima harap untuk memperbaiki proposal kegiatan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang disetujui, revisi proposal diserahkan ke bagian Keuangan LPPM dilengkapi dengan fotokopi rekening Bank BNI dan fotocopy NPWP atas nama ketua penyelenggara paling lambat 20 September 2021. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Lampiran: Daftar Penerima Program Pembiayaan Pengindeksan Prosiding Seminar Internasional 2021

Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLV tahun 2021

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Universitas Diponegoro untuk menjadi Universitas Riset melalui peningkatan jumlah publikasi di jurnal Internasional bereputasi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro akan mengadakan kegiatan Pelatihan/Klinik Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XLV Tahun 2021 pada: 

  • Hari/tanggal   : Senin, 6 September 2021
  • Pukul               : 08.00 – 12.00 WIB  
  • Media              : Zoom Cloud Meeting
  • Narasumber    : Prof. Dr. Zinatul Ashiqin Zainol (Universitas Kebangsaan Malaysia)
  •                             Prof. Dr. Istadi, ST., MT. (Universitas Diponegoro)

Persyaratan Peserta:

  1. Civitas Academica yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro;
  2. Mengisi form pendaftaran dan mengirimkan draft manuskrip (bahasa Inggris) melalui Aplikasi Klinik Manuskrip: manuskrip.lppm.undip.ac.id
  3. Pendaftaran mulai 19 Agustus 2021 sampai dengan 29 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB.

ID Meeting dan Password Zoom serta hasil seleksi peserta dapat dilihat pada Aplikasi Klinik Manuskrip pada Menu Pendaftaran. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Pendidikan dan Pelatihan Amdal di PPLH LPPM UNDIP Semester II Tahun 2021

Diinformasikan bahwa Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) LPPM Undip akan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Diklat Amdal) pada Semester II Tahun 2021 secara daring dengan jadwal sebagai berikut:

  • DASAR-DASAR AMDAL: 8 – 12 November 2021
  • PENYUSUN AMDAL: 15 November 2021 – 3 Desember 2021
  • PENILAI AMDAL: 15 – 26 November 2021

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi PPLH LPPM Undip melalui. email: pplhundip@gmail.com, HP 0812-8443-2122.

Lampiran:    Leaflet Diklat Amdal    |    Form Pendaftaran Diklat Amdal

International Conference on Chemical Engineering and Applied Sciences (ICChEAS) 2021

Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro akan menjadi tuan rumah International Conference on Chemical Engineering and Applied Sciences (ICChEAS) 2021, suatu konferensi teknik kimia berskala internasional yang digelar dua tahun sekali. Acara yang diikuti akademisi, profesional dari dunia industri, dan peneliti dari berbagai negara tersebut akan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 3 – 4 November 2021. Dalam penyelenggaraan tahun  ini, Undip sebagai sebagai tuan rumah ICChEAS 2021 akan melibatkan tiga universitas sebagai co-host yaitu, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Universitas Riau, dan University Technology of MARA (UiTM) Malaysia. 

Seminar ICChEAS Tahun 2021 kali ini mengambil tema ”Designing Tomorrow: Towards Sustainable Engineering and Technology”.  Forum ilmiah yang didedikasikan sebagai forum global dalam rangka diseminasi hasil penelitian dan pengembangan di bidang teknik kimia dan ilmu terapan ini akan mengundang beberapa pelaku industri yang relevan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, hasil akhirnya diharapkan relevan dengan kebutuhan nyata yang ada. Ada empat keynote speaker dan lima invited speakers yang akan menyampaikan kajian dan pemikirannya di ICChEAS 2021. Beberapa keynote speaker tersebut antara lain

  1. Prof. Hidefumi Yoshii dari Setsunan University Jepang;
  2. Assoc. Prof. Jaka Sunarso dari Swinburne University of Technology Malaysia;
  3. Dr. Thomas Holmes dari The University of Sheffield Amerika Serikat; 
  4. Prof. Abrar Muslim dari Syiah Kuala University  Indonesia.
Sedangkan invited speakers,  di antaranya adalah
  1. Dr. Eng. Asep Bayu (UPI, Bandung);
  2. Dr. Nanang Masruchin (Biomaterial LIPI);
  3. Dr. Atikah Kadri (UiTM, Malaysia);
  4. Dr. Teuku Rihayat (Politeknik Lhoksumawe);
  5. Dr. Novi Hery Yono, (PPSDM Migas – CEPU). 

ICCHEAS 2021 juga membuka kesempatan kepada dosen dan peneliti nasional untuk berbagi ide dan pengalaman dalam ruang lingkup topik:

  1. Dasar-Dasar Teknik Kimia dan Kimia Terapan
  2. Bioteknologi/Biokimia/Teknik Lingkungan
  3. Rekayasa Katalisis dan Reaksi Katalitik, Kontrol Proses dan Pemodelan
  4. Polimer, Membran, Material Komposit, dan Nanoteknologi

 Kegiatan seminar ini akan dipublikasikan ke dalam conference proceeding yang terindeks scopus. Tidak hanya itu, beberapa artikel terbaik akan dipublikasikan ke jurnal yang bereputasi dan terindeks scopus. Berikut ini beberapa tanggal penting dan link yang berkaitan dengan kegiatan ICCHEAS 2021.

  1. Batas akhir penyerahan abstrak : 31 Agustus 2021
  2. Pengumuman lolos abstrak : 15 September 2021
  3. Registrasi Early Bird : 29 September 2021
  4. Batas akhir penyerahan artikel : 15 Oktober 2021
  5. Batas akhir pembayaran : 29 Oktober 2021
  6. Tanggal webinar : 3-4 November 2021

Untuk informasi lebih lanjut tentang seminar ini dapat diakses di https://iccheas.vokasi.undip.ac.id atau menghubungi panitia : Hermawan (0857-2700-8949), Rizka Amalia (0856-4137-7920) dan Shifa Fauziah (0856-4171-2712)