(024) 7460032 - (024) 7460039 lppm@live.undip.ac.id

Semarang (8/7). Universitas Diponegoro siap memberangkatkan sejumlah 7.254 mahasiswa untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 11 (sebelas) kabupaten dan 1 (satu) kota di Jawa Tengah. Upacara pemberangkatan mahasiswa KKN Tim II T.A. 2023/2024 sejumlah 7.254 orang diagendakan pada Selasa tanggal 9 Juli 2024 bertempat di stadion UNDIP, kampus Tembalang. Mahasiswa KKN akan dilepas secara resmi oleh Rektor UNDIP untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat di daerah tujuan selama kurang lebih 45 hari.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM UNDIP, dr. Achmad Zulfa Juniarto,M.Si.,Med.,Sp.And.(K).,M.M.R.,Ph.D. menyampaikan jumlah mahasiswa yang akan mengikuti program KKN pada periode ini yakni mahasiswa KKN TIM II T.A. 2023/2024 jumlahnya sangat luar biasa yakni 7.254 mahasiswa. Lebih lanjut dijelaskan bahwa mahasiswa yang melaksanakan program KKN dibekali untuk mengimplementasikan 5 (lima) aspek kuliah kerja nyata yaitu keterpaduan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi; kedua adalah pendekatan interdisipliner dan komprehensif; ketiga lintas sektoral; keempat dimensi yang luas;  serta yang kelima adalah keterlibatan masyarakat secara aktif.

“Program KKN kali ini lebih kita fokuskan kepada program pengentasan kemiskinan dan ketahanan pangan,” kata dr. Achmad Zulfa.

Mahasiswa peserta KKN sejumlah 7.254 orang akan ditempatkan di 12 (dua belas) wilayah di Jawa Tengah, meliputi 11 (sebelas) kabupaten, yakni: Pemalang, Pekalongan, Batang, Temanggung, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Wonoogiri. Dan 1 (satu) kota yakni Surakarta.

Adapun sebaran wilayahnya yakni di kabupaten Pemalang sejumlah 629 mahasiswa yang ditempatkan di 7 (tujuh) kecamatan meliputi: Ulujamu, Comal, Petarukan, Ampelgading, Taman, Pemalang dan Bodeh. Kemudian 630 mahasiswa KKN dengan tujuan Kabupaten Pekalongan ditempatkan di 7 (tujuh) kecamatan yakni: Tirto, Wonokerto, Wiradesa, Siwalan, Sragi, Kedungwuni dan Buaran. Selanjutnya sejumlah 648 mahasiswa KKN ditempatkan di kabupaten Batang yang tersebar di 7 (tujuh) keacamatan meliputi: Kademan, Subah, Banyuputih, Gringsing, Tulis, Limpung dan Bandar. Berikutnya 615 mahasiswa KKN dengan tujuan Kabupaten Temanggung yang ditempatkan di 6 (enam) kecamatan meliputi: Jumo, Bulu, Ngadirejo, Kedu, Parakan dan Bansari. Sementara di kabupaten Magelang diterjunkan sejumlah 630 mahasiswa untuk melaksanakan program KKN di 7 (tujuh) kecamatan yakni: Ngablak, Pakis, Grabag, Secang, Candimulyo, Tegalrejo dan Mertoyudan. Untuk wilayah Boyolali, UNDIP menerjunkan 594 mahasiswa KKN yang tersebar di 7 (tujuh) kecamatan meliputi: Simo, Sambi, Ampel, Kemusu, Juwangi, Wonosegoro dan Wonosamodro. Berikutnya wilayah Klaten, sebanayak 629 mahasiswa KKN ditempatkan di 7 (tujuh) kecamatan yakni: Wedi, Bayat, Cawas, Karanganom, Tulung, Jatinom dan Polanharjo. Sementara di Sukoharjo berjumlah 630 mahasiswa yang diterjunkan di 7 (tujuh) kecamatan yakni: Sukoharjo, Baki, Grogol, Mojolaban, Bendosari, Nguter dan Tawangsari. Berikutnya sejumlah 573 mahasiswa KKN diterjunkan di kota Surakarta yang mencakup 5 (lima) kecamatan yakni: Laweyan, Serengan, Pasar Kliwon, Jebres dan Banjarsari. Adapun di wilayan Sragen, UNDIP menurunkan 551 mahasiswa yang ditempatkan di 7 (tujuh) kecamatan mencakup: Sukodono, Kalijambe, Plupuh, Mondokan, Sumberlawang, Miri dan Gemolong. Di kabupaten Karanganyar sejumlah 550 mahasiswa diturunkan untuk melaksanakan program KKN di 7 (tujuh) kecamatan yakni: Gondangrejo, Jaten, Kebakkramat, Mojogedang, Tasikmadu, Kerjo dan Karanganyar. Kabupaten berikutnya tujuan KKN yakni Wonogiri, UNDIP menerjunkan 575 mahasiswa untuk mengimplementasikan program KKN di 7 (tujuh) kecamatan mencakup: Ngadirojo, Selogiri, Tirtimoyo, Wonogiri, Wuryantoro, Eromoko dan Nguntoronadi.

Diharapkan mahasiswa KKN UNDIP Tim II T.A. 2023/2024 yang diberangkatkan untuk melaksanakan program KKN mampu mengaplikasikan ilmu, mengabdikan pikiran dan tenaga, memberikan kontribusi dan inovasi yang mampu memberdayakan masyarakat dan juga bermanfaat. (Sumber: Humas Undip)

#undipbermartabat #undipbermanfaat