(024) 7460032 - (024) 7460039 lppm@live.undip.ac.id

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu komponen Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen selain pendidikan dan penelitian. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan penerapan hasil riset dan teknologi, serta hilirisasi perguruan tinggi kepada masyarakat dalam penyelesaian permasalahan yang dapat mendukung tercapainya program SDG’s (Sustainable Development Goals). Harapannya akademisi bisa berdampingan dengan pemerintah daerah dalam penyusunan RPJMD dengan tujuan akhir adanya peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan manusia melalui sinkronisasi program Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah daerah.

Bertolak dari hal tersebut LPPM Undip akan menyelenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro 2020 (SNPPM 2020) dengan tema “Pengabdian kepada Masyarakat untuk mendukung Sustainable Development Goals di masa Pandemi Covid-19″ yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2020. Kegiatan Seminar Nasional ini merupakan sarana publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari hasil pengembangan dan penerapan IPTEKS, model atau konsep dan implementasi pengabdian dalam berbagai perspektif.  Kegiatan ini merupakan pelaksanaan tahun kedua yang dilaksanakan secara mandiri oleh Universitas Diponegoro, dimana pada tahun pertama dilaksanakan dengan berkolaborasi antara Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang pada November 2019 (SNKPPM 2019).

*Artikel terpilih akan dimuat pada Jurnal INISIATIF (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) LPPM UNDIP (Belum terakreditasi). Artikel lainnya dimuat dalam prosiding Seminar Nasional ber ISBN.