SEMARANG, INDONESIA
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Diponegoro
Pengumuman
Monev Eksternal Penelitian Sumber Dana DRPM Kemenristekdikti TA 2016
Menindaklanjuti surat dari DRPM Kemenristekdikti No. 2814/E3.2/LT/2016 tanggal 11 Oktober 2016 perihal Pelaksanaan Monev Penelitian DRPM Tahun 2016, bersama ini kami informasikan bahwa DRPM Kemenristekdikti akan melakukan Monev Ekternal untuk Penelitian sumber dana DRPM Kemenristekdikti TA 2016. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti di Lingkungan Universitas Diponegoro dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut;
- kepada para dosen penerima dana penelitian Program Riset Terapan, Riset Dasar, Peningkatan Kapasitas Riset untuk mempersiapkan bahan paparan atau presentasi pelaksanaan penelitian berikut kelengkapannya (foto, produk, artikel, laporan pelaksanaan dan laporan keuangan penelitian) dan diminta hadir pada acara pembukaan pelaksanaan MONEV Program Riset Terapan, Riset Dasar, Peningkatan Kapasitas Riset.
- Mengisi Catatan Harian, mengisi dan mengunggah Laporan Penggunaan Anggaran 70%, dan mengunggah Laporan Kemajuan di program SIMLITABMAS (simlitabmas.dikti.go.id) bagi yang belum.
- Bagi Ketua peneliti yang berhalangan hadir pada saat pelaksanaan Monev, maka yang bersangkutan wajib memberikan surat kuasa di atas materai Rp. 6000 kepada anggota yang diketahui Ketua LPPM Undip
Adapun pelaksanaan Monev Eksternal diselenggarakan pada;
- Hari/Tgl. : Kamis-Sabtu, 20-22 Oktober 2016
- Tempat : LPPM Undip, Gedung ICT Centre lantai 4 Kampus Undip Tembalang Semarang
- Jam : menyusul, belum ada konfirmasi dari Pemonev
Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Program Pembiayaan Keikutsertaan Seminar Internasional dengan output Prosiding Terindeks Scopus
Diberitahukan dengan hormat bahwa LPPM UNDIP melalui Program WCU-UNDIP mengadakan Program Pembiayaan Bantuan keikutsertaan Seminar Internasional dengan Output Prosiding Terindeks Scopus bagi dosen/peneliti di lingkungan Universitas Diponegoro, bantuan yang akan diberikan adalah biaya pendaftaran dan biaya perjalanan (ticket) mengikuti seminar. Pendaftaran program ini dengan syarat sebagai berikut :
- Materi yang dipresentasikan bukan dari penelitian yang mendapatkan dana penelitian kompetitif (PNBP dan Kemenristekdikti) dibuktikan dengan surat pernyataan.
- Mengirimkan Abstrak
- Surat Penerimaan (letter of acceptance) dari penyelenggara seminar dan Leaflet Seminar
- CV pengusul
Persyaratan dapat dikirimkan ke email: lppm@undip.ac.id atau dikirim langsung ke LPPM Undip pada jam kerja, pendaftaran ditutup sampai dengan tanggal 31 Oktober 2016. Pegumuman pemenang akan disampaikan pada awal November 2016.
Program Pembiayaan Proof Reading dan Konversi Artikel
Diberitahukan dengan hormat bahwa LPPM UNDIP melalui Program WCU-UNDIP mengadakan Program Pembiayaan Proof Reading dan Konversi Artikel bagi Dosen/peneliti di lingkungan UNDIP, dengan syarat pendaftaran sebagai berikut :
Pembiayaan Proof Reading :
- Mengumpulkan artikel dalam bahasa Inggris berikut informasi lembaga Proof Reading yang akan digunakan ke LPPM paling lambat tanggal 17 Oktober 2016. Pengusul juga harus menginformasikan perkiraan biaya yang dibutuhkan.
- Artikel akan diseleksi dan pengumuman artikel yang dibiayai akan dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2016.
- Bagi pengusul yang artikelnya didanai dapat segera mengirimkan artikelnya ke lembaga yang dituju.
- Pengusul dimohon memberikan bukti pembayaran berupa kwitansi / bukti transfer.
Pembiayaan Konversi Artikel :
- Mengumpulkan artikel dalam bahasa Indonesia berikut informasi lembaga bahasa / perorangan yang bersertifikat yang akan digunakan ke LPPM paling lambat tanggal 17 Oktober 2016. Pengusul juga harus menginformasikan perkiraan biaya yang dibutuhkan.
- Artikel akan diseleksi dan pengumuman artikel yang dibiayai akan dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2016.
- Bagi pengusul yang artikelnya didanai dapat segera mengirimkan artikelnya ke lembaga bahasa/perorangan yang dituju.
- Pengusul dimohon memberikan bukti pembayaran berupa kwitansi / bukti transfer.
Pelaksanaan Site Visit Penelitian RAPID, PUSNAS, HIKOM dan PASCA DOKTOR Pendanaan TA 2017
Menindaklanjuti surat dari DRPM Kemenristekdikti No. 2666/E3.2/PL/2016 tanggal 22 September 2016 perihal Pemberitahuan Pelaksanaan Site Visit, bersama ini kami sampaikan bahwa DRPM akan melakukan Site Visit untuk Penelitian RAPID, PUSNAS, HIKOM dan Pasca Doktor TA 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-12 Oktober 2016. Sehubungan hal tersebut, kepada para peneliti yang tersebut dalam lampiran untuk dapat menyiapkan sebagai berikut;
- Untuk skema PUSNAS dan RAPID, bagi peneliti dan mitra agar menyiapkan bahan presentasi sebanyak 4 – 5 halaman;
- Untuk skema penelitian RAPID dan PUSNAS, Reviewer akan melaksanakan kunjungan ke mitra industri di lapangan/laboratorium;
- Kepada calon peneliti HIKOM bahwa kolega (atasan langsung, teman sejawat, mahasiswa) wajib hadir pada saat pelaksanaan site visit di Perguruan Tinggi peneliti;
- Untuk skema Pasca Doktor site visit akan dilaksanakan di institusi Peneliti Pengarah. Oleh karena itu, peneliti pengusul harus menginformasikan hal tersebut ke peneliti pengarah dan institusi pengarah dimohon kerjasamanya untuk pelaksanaan site visit.
Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Lampiran : Daftar Peserta Site Visit Undip untuk Pendanaan TA 2017
Permohonan Pengisian Tabel Penelitian Unggulan, Peta Jalan Penelitian, dan Renstra Pengabdian
Bersama diberitahukan kepada Pimpinan Fakultas dilingkungan Universitas Diponegoro, bahwa pada saat ini kami sedang menyusun Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Diponegoro tahun 2016-2020 dan Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Diponegoro tahun 2016-2020. Selain kebutuhan internal Undip, pembuatan RIP dan Renstra PPM ini merupakan mandat yang diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Surat Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Nomor 2555/E3.3/PM/2016 Tanggal 13 September 2016.
Perlu kami sampaikan bahwa penelitian di Undip diarahkan pada pengembangan kawasan pesisir dan tropis dengan bidang unggulan penelitian meliputi: 1). Ketahanan dan keamanan pangan secara berkelanjutan; 2). Ketersediaan energi dan air secara berkelanjutan; 3). Peningkatan derajat kesehatan secara berkelanjutan. Sedangkan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro diarahkan pada pengembangan kawasan pesisir dan tropis dengan bidang unggulan yakni Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat / UMKM Berbasis Wilayah Pesisir dan Tropis. Kemudian, untuk dapat menyelesaikan dokumen RIP yang dapat merepresentasikan semua fakultas mohon dengan hormat agar Saudara dapat mengisi tabel terlampir yang berisikan topik-topik bidang penelitian unggulan dan menyusun Roadmap (peta jalan) penelitian bidang Unggulan dan tabel yang berisikan topik-topik unggulan bidang pengabdian kepada masyarakat (contoh terlampir). Kami berharap Saudara dapat mengumpulkan dokumen yang dimaksud paling lambat tanggal 7 Oktober 2016 ke LPPM atau dikirim melalui email: lppm@undip.ac.id dan lppmundip@gmail.com.
Lampiran :
Undangan FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XIV
Bersama ini kami mengundang peserta kegiatan FGD Penyusunan Manuskrip dan Submit Publikasi Internasional Batch XIV untuk Guru Besar/Lektor Kepala di Universitas Diponegoro Tahun 2016 untuk mengikuti kegiatan tersebut yang akan diselenggarakan pada;
- Hari : Kamis s.d. Sabtu
- Tanggal : 29 September s.d. 1 Oktober 2016
- Pembukaan : Pukul 14:00 WIB- dilanjutkan pelaksanaan kegiatan
- Tempat : Hotel Grand Wahid Salatiga, Jl Jenderal Sudirman No 2 Salatiga
Mohon hadir tepat waktu dan atas perhatian serta kehadirannya kami sampaikan terima kasih.
*Catatan: Peserta diwajibkan membawa laptop dan printout manuskrip 1 eks.
Lampiran : 1. Daftar Peserta FGD Manuskrip Batch XIV | 2. Jadwal Kegiatan FGD Manuskrip Batch XIV
Monitoring dan Evaluasi (Monev) Lapangan Pengabdian Kepada Masyarakat Sumber Dana DRPM KEMENRISTEKDIKTI dan PNBP DIPA UNDIP TA 2016
Dalam rangka penjaminan mutu pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di LPPM Undip, bersama ini kami informasikan bahwa LPPM Undip akan melakukan Monev Lapangan untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat tahun anggaran 2016 sumber dana DRPM Kemenristekdikti maupun sumber dana PNBP DIPA Undip. Kepada pelaksana pengabdian untuk mempersiapkan monev lapangan yang dilakukan, pada ;
- Hari/Tgl. : 27 September s.d. 15 Oktober 2016
- Tempat : Lokasi Pelaksanaan Program Pengabdian
Adapun jadwal kunjungan Monev Lapangan Program Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2016 bagi pelaksana pengabdian sebagaimana terlampir. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Lampiran : Jadwal Kunjungan Monev Lapangan Pengabdian TA 2016
Penyampaian Usulan Insentif Jurnal Terindeks Internasional
Dalam rangka memberikan motivasi bagi jurnal-jurnal nasional menuju jurnal bereputasi internasional, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan pada tahun 2016 akan memberikan insentif bagi jurnal-jurnal nasional yang sudah terindeks di lembaga pengindeks internasional bereputasi. Mengingat alokasi pendanaan yang terbatas, maka jurnal yang akan diberikan insentif akan ditetapkan melalui seleksi dokumen usulan, mengacu pada kriteria dan persyaratan pada Panduan Program Insentif Jurnal Terindeks Internasional Tahun 2016 (terlampir).
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kepada pengelola jurnal di Undip yang termasuk didalam daftar lampiran agar segera menyampaikan dokumen usulan paling lambat tanggal 30 September 2016 dengan mengacu pada ketentuan dalam panduan.
Lampiran : 1. surat-penyampaian-usulan-insentif-jurnal-terindeks-internasional | 2. panduan-seleksi-insentif-jurnal-terindeks-tahun-2016
Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tahap II Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sumber Dana PNBP DIPA UNDIP TA 2016
Berkaitan dengan sistem penjaminan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di LPPM Undip sumber dana PNBP DIPA Undip TA 2016, maka kami membuka kesempatan terakhir bagi peneliti/pelaksana pengabdian yang tidak bisa hadir pada Pelaksanaan Monev PNBP DIPA Undip TA 2016 tanggal 14-15 September 2016 di LPPM Undip, untuk mengikuti Monev yang akan diselenggarakan pada;
- Hari/Tanggal : Rabu, 21 September 2016
- Jam : 08.30 WIB – selesai
- Tempat : Gedung ICT Centre Lt. 4 LPPM UNDIP
Bagi peneliti/pelaksana pengabdian mohon menyiapkan bahan presentasi (dalam bentuk *ppt) dan membawa Laporan Kemajuan serta Log Book (buku catatan penelitian /pengabdian) masing-masing 2 (dua) eksemplar pada saat pelaksanaan Monev. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
Lampiran : daftar-peserta-monev-pnbp-2016-tanggal-21-september-2016
Penerimaan Proposal Insinas Riset Pratama Untuk Pendanaan 2017
Dengan ini sampaikan bahwa Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada peneliti dan lembaga-lembaga riset serta Industri di Indonesia untuk mengajukan proposal Program Insentif Riset Sinas (InSInas) pada skema InSINas – Riset Pratama untuk pendanaan tahun 2017. Sesuai ketentuan pada Buku Panduan Program INSInas Tahun 2017, pengusulan proposal dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Proses pengusulan mengikuti ketentuan sebagai berikut.
- Bagi pengusul dosen dari Perguruan Tinggi di bawah Kemenristekdikti yang belum mempunyai user dan password dapat menghubungi operator Simlitabmas di Perguruan Tinggi masing-masing. Bagi calon pengusul dosen yang sudah mempunyai user dan password dapat langsung menggunakan user dan password tersebut untuk mendaftarkan proposalnya;
- Bagi pengusul yang berasal dari institusi diluar lingkup Kemenristekdikti seperti LPK, LPNK atau Industri diharuskan mengajukan permintaan Akun INSInas sebagaimana dijelaskan pada Panduan Program InSInas Tahun 2017;
- Tahap pendaftaran dan pengunggahan proposal secara daring melalui Simlitabmas dilaksanakan mulai tanggal 30 Agustus 2016 sampai dengan 30 September 2016;
- Kami mohon informasi ini disebarluaskan kepada para peneliti di lingkungan instansi Saudara;
- Panduan Program InSInas Tahun 2017 sebagaimana terlampir.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.